Ganjar: Sound of Borobudur Bisa Jadi Daya Tarik Wisatawan
Logo BeritaSatu

Ganjar: Sound of Borobudur Bisa Jadi Daya Tarik Wisatawan

Kamis, 8 April 2021 | 16:09 WIB
Oleh : JNS

Magelang, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menilai pertunjukan musik Sound of Borobudur akan menambah daya tarik kawasan wisata Borobudur.

Hal ini disampaikan Ganjar usai menyaksikan "Sound of Borobudur" di Omah Mbudur, kompleks Candi Borobudur, Kamis (8/4/2021). Dalam pertunjukan musik ini, para musisi nasional dan lokal berkumpul untuk menghadirkan kembali alat-alat musik tempo dulu yang terukir di dinding Candi Borobudur.

"Ini yang perlu kita angkat, mungkin ke depan tidak perlu membuat hal baru di sini, cukup mewujudkan apa yang ada di relief candi itu dijadikan sebuah pertunjukan menarik. Tidak menutup kemungkinan nanti tarian-tarian yang terpahat di relief itu bisa digerakkan di kehidupan nyata. Maka orang yang wisata nanti akan betah, karena akan mendapatkan soul-nya," kata Ganjar, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya.

Sejumlah musisi ternama seperti Purwatjaraka, Trie Utami, Dewa Budjana tergabung dalam pertunjukan ini. Setelah melalui riset panjang, alat musik yang ada itu berhasil dibuat, berbunyi dan bisa disatukan dalam sebuah orkestra.

"Ini karya luar biasa. Ada beberapa orang nekat, Kang Purwa, Mbak Iik, Mas Dewa mengeksplorasi Candi Borobudur dan menemukan alat-alat musik di relief-relief itu. Mereka kemudian berusaha membuat replikanya, menemukan bunyinya dan sekarang jadi komposisi yang luar biasa. Mungkin hipotesisnya benar, bahwa Borobudur adalah pusat musik dunia. Kita ingin mewujudkan itu," kata Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar juga menegaskan pengembangan kawasan wisata Borobudur tidaklah hanya pembangunan fisik semata, tetapi juga aspek lainnya.

"Ini baru dari sisi seninya, belum arsitektur, lingkungan, habitat, relasi sosial dan lainnya. Menurut saya ini, kesuksesan penemuan kembali peralatan musik di Candi Borobudur dan menunjukkan bahwa candi ini merupakan pusat peradaban yang sebenarnya," tegasnya.

Sementara itu, Dewa Budjana menjelaskan pertunjukan ini adalah kelanjutan project lima tahun lalu.

Dewa menilai relief di Candi Borobudur seperti sebuah perpustakaan yang menyimpan banyak ilmu pengetahuan. Hal ini mendorong dirinya bersama Trie Utami untuk mereplika alat musik yang ada di relief itu. Kemudian, Dewa berusaha memainkannya dengan cara dan metode zaman sekarang.

Dewa menjelaskan, ada ratusan alat musik yang tergambar di relief Candi Borobudur. Di antara alat musik itu juga ada yang bukan dari Jawa Tengah, melainkan dari Kalimantan bahkan ada yang dari Thailand atau India.

"Dari situ kami menduga, Borobudur merupakan pusat seni dunia. Atau kalau tidak, disini merupakan pusat berkumpulnya seniman-seniman dari seluruh dunia, dengan alat-alat musik yang berbeda. Mungkin zaman dulu di sini pernah ada konser besar seluruh dunia," kata Dewa Budjana.




BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Ganjar Tinjau Pengembangan Wisata Borobudur

Beberapa proyek yang dikunjungi di antaranya pengelolaan sampah di Desa Tuksongo dan pembangunan gerbang Palbapang.

PEMDA | 8 April 2021

Gubernur Ganjar Rangkul Seniman dalam Pengembangan Borobodur

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) bersama seniman Tanto Mendut membahas rencana pengembangan kawasan objek wisata Candi Borobudur.

PEMDA | 8 April 2021

Ganjar Pranowo Jadi Dewan Pembina ESI Jateng

Menurut Ketua Harian ESI Jateng Evandra Subagyo, Ganjar Pranowo dinilai mampu membimbing e-sports Jateng menjadi cabang olahraga yang berprestasi.

PEMDA | 8 April 2021

Konser Virtual Bank Jateng Kumpulkan Donasi Rp 131 Juta untuk NTT

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat ini sedang berkomunikasi intens dengan Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi terkait bantuan yang diperlukan.

PEMDA | 7 April 2021

Dua Bandara Baru di Jateng Batal Layani Pemudik Lebaran

Dua bandara baru di Jawa Tengah (Jateng) yakni Bandara Ngloram Blora dan Bandara Jenderal Sudirman Purbalingga batal melayani pemudik pada lebaran nanti.

PEMDA | 7 April 2021

Pemprov Jateng Terima Tiga Penghargaan dari OJK

Adapun ketiga penghargaan ini antara lain penghargaan provinsi dengan inovasi pengembangan program inklusi keuangan terbaik yang digelar pada Oktober lalu.

PEMDA | 6 April 2021

Ganjar Tinjau Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka di SMAN 1 Ungaran

Berdasarkan pantauannya, Ganjar mengatakan bahwa persiapan sekolah menggelar uji coba tatap muka sudah matang.

PEMDA | 5 April 2021

Pemprov Jateng Luncurkan Banyak Inovasi Selama Pandemi

Salah satunya adalah program "Jogo Tonggo" yang mengajak masyarakat untuk mengatasi persoalan masyarakat hingga ke tingkat bawah dengan bergotong royong.

PEMDA | 3 April 2021

Ganjar Ajak FKUB Jateng Tunjukkan Kerukunan Antarumat Beragama

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak FKUB Jateng agar memberikan visualisasi kerukunan antarumat beragama di Jateng kepada masyarakat luas.

PEMDA | 1 April 2021

Ganjar Ikut Bantu Pendataan Keluarga BKKBN di Semarang

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengawali pelaksanaan program Pendataan Keluarga 2021 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

PEMDA | 1 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS