Logo BeritaSatu

Ganjar: Produk UMKM Jateng Siap Masuk Pasar Internasional

Kamis, 29 April 2021 | 18:04 WIB
Oleh : JNS

Semarang, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menilai produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Jateng sudah siap masuk ke pasar internasional. Bahkan produk-produk dari UMKM Jateng maupun Indonesia sudah diakui dan diminati beberapa negara lainnya.

"Kalau dilihat dari kesiapannya, sudah siap banget. Kita sudah banyak punyak event dengan BUMD, dan BUMN. Kita mencoba mendorong agar mereka berprestasi dan bisa menjual produk tidak hanya di Jawa Tengah tetapi juga di luar negeri," kata Ganjar, sebagaimana dikutip dari keterangan persnya, Kamis (29/4/2021).

Advertisement

Diketahui, Pemprov Jateng bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Jateng menggelar pameran "UMKM Gayeng 2021 Monco Negoro: Artisan Jawa Tengah Go Internasional".

Adapun pameran UMKM tersebut digelar di dua negara, yakni di Indonesia, tepatnya di Atrium Mal Paragon Semarang, serta Singapura di Suntec City Mall. Sebanyak 28 UMKM dari Jateng mengikuti pameran di Suntec City Mall Singapura pada 16 April hingga 23 Mei 2021.

Menurut Ganjar, produk UMKM yang sudah masuk ke pasar internasional tersebut merupakan hasil kurasi. Produk itu telah melewati penilaian terkait kualitas produk, pengemasan yang bagus, dan telah menyediakan cara penjualan secara daring. Untuk itu, ia berharap agar pelaku UMKM di Jateng agar tidak minder terhadap produk-produk luar negeri.

"Dari pameran daring dan luring itu ternyata bisa menarik minat kawan di luar negeri. Kemarin kawan di Prancis mengubungi saya bahkan membuat video yang isinya menawarkan untuk menjualkan produk di Eropa. Harapannya nanti itu bisa menjadi hub (pusat penghubung) untuk negara-negara Eropa. Jadi kita tidak boleh minder, produk kita tidak jelek, justru unik dan menarik," ungkap Ganjar.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Singapura Suryo Pratomo mengapresiasi adanya pameran UMKM Gayeng Monco Negoro ini yang memfasilitasi UMKM di pasar global. Dirinya menilai perlu adanya kolaborasi antara pemangku kepentingan terkait di Indonesia, termasuk kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi dan sektor swasta untuk meningkatkan daya saing UMKM di pasar global.

Sementara itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi mengatakan, untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, kita perlu mengambil peluang untuk meningkatkan porsi perdagangan UMKM dan menarik investasi internasional di industri kreatif.

Kegiatan ini diharapkan akan dapat membantu membuka akses pasar internasional bagi UMKM Indonesia, serta memperkenalkan berbagai produk unggulan hasil produksi UMKM.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Lukas Enembe, KPK Garap Plh Gubernur Papua Ridwan Rumasukun

Tim penyidik KPK memeriksa Plh Gubernur Papua Ridwan Rumasukun terkait kasus Lukas Enembe hari ini, Senin (6/2/2023). 

NEWS | 6 Februari 2023

Prabowo Puji Jokowi Lawan WHO soal Lockdown Saat Covid-19

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto memuji Presiden Jokowi yang mampu melawan tekanan dari WHO saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia. 

NEWS | 6 Februari 2023

Respons Prabowo soal Perjanjian dengan Anies di Pilkada DKI

Prabowo Subianto merespons soal perjanjiannya dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta pada 2017.

NEWS | 6 Februari 2023

Pakar: Bharada E Seharusnya Dapatkan Pengurangan Tuntutan

Pakar hukum menilai bahwa Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E mendapatkan pengurangan tuntutan di kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

NEWS | 6 Februari 2023

Laksamana Yudo Margono Tugaskan PPRC TNI Berantas Separatis

Panglima TNI Yudo Margono menugaskan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat atau PPRC TNI memberantas berbagai macam tindakan melawan hukum, termasuk separatis. 

NEWS | 6 Februari 2023

Dangkal, Gempa Turki Sedalam 17,7 Km dengan Magnitudo 7,8

Gempa Turki yang dengan dahsyat yang mengguncang kawasan itu adalah gempa dangkal dengan kedalaman 11 mil atau 17,7 kilometer.

NEWS | 6 Februari 2023

Mengerikan! Video di Medsos Perlihatkan Detik-detik Aparteman Roboh Saat Gempa Turki

Sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan sebuah apartemen roboh setelah terjadi gempa berkekuatan M 7,8 di Turki

NEWS | 6 Februari 2023

USGS: Korban Jiwa Gempa Dahsyat Turki Bisa Capai 1.000 hingga 10.000 Orang

Korban jiwa akibat gempa dahsyat Turki yang melanda wilayah selatan Senin pagi bisa mencapai 10.000 orang, kata Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

NEWS | 6 Februari 2023

Mengejutkan, Balon Mata-Mata Tiongkok Beroperasi Sejak Trump Berkuasa

Insiden balon mata-mata milik China serupa telah terjadi selama pemerintahan Donald Trump di Amerika Serikat.

NEWS | 6 Februari 2023

Zelensky Siap Bantu Turki yang Dilanda Gempa Meski Negaranya Tengah Berperang

Perang Ukraina Volodymyr Zelensky menyatakan siap membantu Turki yang kini tengah dilanda bencana gempa berkekuatan M 7,8.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Lukas Enembe, KPK Garap Plh Gubernur Papua Ridwan Rumasukun

Kasus Lukas Enembe, KPK Garap Plh Gubernur Papua Ridwan Rumasukun

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE