Logo BeritaSatu

Baznas Jateng Salurkan Rp 3 M untuk Bangun Rumah Sehat Layak Huni

Minggu, 16 Januari 2022 | 16:48 WIB
Oleh : JNS

Pemalang, Beritasatu.com - Baznas Jawa Tengah (Jateng) menggelontorkan zakat untuk bantuan rumah sehat layak huni (RSLH) pada 2021. Tak tanggung-tanggung, jumlah nilai zakat untuk bantuan RSLH mencapai Rp 3.229.625.000. Dengan jumlah rumah yang dibantu sebanyak 318 unit.

Ketua Baznas Jateng KH Ahmad Darodji mengatakan, di Jateng ini punya lima daerah yang kemiskinannya ekstrem. Meliputi wilayah selatan seperti Banjarnegara, Kebumen, dan Banyumas. Serta wilayah utara ada Pemalang dan Brebes.

"Kita rembuk bareng-bareng dengan daerah. Utamanya pada membangun rumah untuk mereka. Karena rumah mereka ini sama sekali tidak bisa dihuni. Nah ini kita bangun," kata Darodji, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu (15/1/2022).

Menurutnya, selain lima daerah itu, Baznas dan Pemprov Jateng bersama Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperakim) Provinsi Jateng juga tetap fokus membangun rumah layak di daerah lain yang juga diberi bantuan RSLH.

"Jadi kita bersama Disperakim bareng-bareng mengatasi atas dawuhnya pak gubernur (Gubernur Jateng Ganjar Pranowo) tentu saja. Itulah bentuk sinergi," ucapnya.

Pelaksana Bidang Pelatihan Tenaga Kerja Mustahik Baznas Jateng Rajimin menambahkan, untuk usulan pemberian bantuan RSLH memang dari bawah ke atas. Namun tetap harus mengikuti mekanisme.

"Kalau RSLH itu pasti diusulkan dari bawah, dari lurah, diketahui camatnya dan itu sudah masuk database yang ada di dinsos, baik itu secara regional maupun lainnya," kata dia di kantornya.

Seorang penerima bantuan RTLH di Dukuh Limbangan RT 5 RW 1, Desa Plakar, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Warso tak mampu menyembunyikan rasa bahagianya mendapatkan bantuan. Sebab, dia tak perlu khawatir lagi dengan anggota keluarga mendiami rumah lamanya.

"Senang. Dulu rumah saya itu enggak layak huni. Saya dibantu Baznas, dan (Pemerintah) Provinsi Jateng," ucapnya di lokasi rumahnya yang sedang dibangun.

Dia mengenang, sebelum ada bantuan RSLH, dia beserta istri dan tiga anaknya kerap khawatir saat di rumah. Mengingat ketika hujan turun beserta angin, rumahnya kerap nyaris roboh dan atapnya bocor.

"Kalau hujan, rumah bocor. Ngeri. Kalau ada angin oyog (seolah mau roboh). Dihuni lima orang. Saya dan istri, tiga anak," ungkapnya.

Kini dia berharap, rumahnya bisa cepat berdiri. Dia bersama tetangga ikut mengerjakan pembangunan rumah. Selain fondasi, batu bata juga telah terpasang namun belum sempurna. Setiap hari, terangnya, dia mengerjakan pembangunan rumah supaya cepat jadi.

"Harapan saya, rumah saya bisa cepat jadi dan nyaman. Kalau ada angin tidak khawatir. Anak dan istri tenang. Baznas dan Pemerintah Provinsi Jateng. Saya sangat terima kasih," imbuh Warso.

Penerima bantuan RSLH lain di Desa Slatri RT 4 RW 7, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Ansor Kasori, mengaku rumahnya dulu tak layak huni karena selain alasnya tanah, juga atapnya sering bocor serta dindingnya masih batu bata. Kini dengan adanya bantuan, keluarganya bisa menikmati rumah yang lebih layak.

"Terima kasih bantuan pak gubernur. Rumah saya jadi layak huni," ujar suami dari Ny Mulyana selaku nama penerima bantuan.

Masih di area itu, ada juga rumah milik pasangan Daryani dan Sumiah yang siap diperbaiki.

Saat ditemui, Daryani bersama beberapa tetangga sedang gotong-royong membongkar rumah papan gedeknya, yang nantinya diganti dengan bangunan bantuan RSLH.

"Alhamdulilah, ada bantuan dari pemerintah setempat. Ke depannya supaya rumah saya jadi baik," tuturnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wamenkumham: Penyerangan Martabat Presiden dan Wapres Jadi Delik Aduan

Wamenkumham menyatakan, dalam RUU KUHP diatur bahwa penyerangan harkat dan martabat presiden dan wapres termasuk dalam delik aduan.

NEWS | 25 Mei 2022

Pimpinan DPR Tak Persoalkan Jokowi Tugaskan Luhut Urus Minyak Goreng

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pihaknya tak mempermasalahkan Presiden Jokowi menunjuk Luhut Pandjaitan mengurus sengkarut minyak goreng.

NEWS | 25 Mei 2022

Menag Ingatkan Jemaah Waspadai Suhu Tinggi Saat Ibadah Haji

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan kembali kepada pada Jemaah Calon Haji (JCH) guna mewaspadai suhu tinggi.

NEWS | 25 Mei 2022

Kimia Farma Diagnostika Luncurkan Layanan Baru untuk Masyarakat

PT Kimia Farma Tbk melalui Kimia Farma Diagnostika (KFD) meluncurkan dua pelayanan barunya yang berkualitas.

NEWS | 25 Mei 2022

Aplikasi Investasi Bibit.id Raih Pendanaan Baru Rp 1,16 Triliun

Bibit, salah satu aplikasi investasi digital di Indonesia, mengumumkan telah meraih pendanaan sebesar lebih dari US$ 80 juta (Rp 1,16 triliun)

NEWS | 25 Mei 2022

Update Covid-19: Kasus Baru 315, Menurun Dibanding Kemarin

Kemenkes melaporkan kasus konfirmasi positif Covid-19 hari ini, Rabu (25/5/2022), di Indonesia sebanyak 315.  

NEWS | 25 Mei 2022

IDI Siap Dukung Pemerintah untuk Pulihkan Kesehatan Dunia

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) siap mendukung pemerintah dan bekerja sama dengan berbagai lini dalam pemulihan kesehatan dunia.

NEWS | 25 Mei 2022

Hindari Peretasan, Ini Tip Membuat Password yang Kuat

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan paham bagaimana bertransaksi digital secara aman. Salah satu kiatnya membuat password yang kuat.

NEWS | 25 Mei 2022

Buat Polemik, Nikita Mirzani Bakal Dilaporkan ke Polisi

Nikita Mirzani bakal dilaporkan ke polisi setelah menyebut menyebut 'umat Islam senang nonton film porno' di media sosial.

NEWS | 25 Mei 2022

Habiburokhman: RUU KUHP Penting untuk Segera Disahkan

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Gerindra Habiburokhman menegaskan pentingnya RUU KUHP segera disahkan menjadi undang-undang.

NEWS | 25 Mei 2022


TAG POPULER

# BRI Majalengka


# Perumahan Pantai Mutiara


# UU PPP


# UAS


# Harga CPO


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wamenkumham: Penyerangan Martabat Presiden dan Wapres Jadi Delik Aduan

Wamenkumham: Penyerangan Martabat Presiden dan Wapres Jadi Delik Aduan

NEWS | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings