Pemilu, Daerah Konflik Jadi Perhatian Polri

Pemilu, Daerah Konflik Jadi Perhatian Polri
Kapolri Jendral Sutarman terkait pembuatan SIM ( Foto: Istimewa )
Ezra Sihite Senin, 10 Februari 2014 | 16:49 WIB

Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Sutarman mengatakan pihaknya siap mengamankan Pemilu Legislatif maupun Presiden. Salah satunya dengan menjaga daerah-daerah yang pernah menjadi lokasi konflik. Pengamanan dilakukan mulai dari distribusi logistik, pengawasan pencetakan kartu suara hingga latihan kontingensi.

“Poso, Aceh, Papua dan daerah lain jadi perhatian kami, perbatasan juga,” kata Sutarman di kompleks kantor wakil presiden (wapres), Jakarta, Senin (10/2).

Pada kesempatan itu, Sutarman juga menuturuan berbagai kendala yang akan dihadapi Pemilu 2014. Yakni, adanya intimidasi di beberapa daerah, praktik politik uang, pemaksaan dengan cara-cara kekerasan untuk memilih parptai politik tertentu. Juga faktor cuaca, bencana dan kondisi geografis yang sulit. Juga

“Makanya kita cetak dari awal (kartu suara) sehingga tanggal 9 April (jadwal pemilihan legislatif) kita pastikan. “Kami harap masyarakat memilih dengan hati nuraninya, memilih wakilnya yang di DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) dan memilih presiden dengan hati nurani sehingga yang dipilih betul-betul berkualitas untuk memajukan bangsa dan negara,” imbuh Sutarman.