Mendagri: 9 Gubernur Minta Cuti

Mendagri: 9 Gubernur Minta Cuti
Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi ( Foto: JG Photo )
Robertus Wardi / ED Kamis, 13 Maret 2014 | 14:51 WIB

Jakarta - Sembilan (9) gubernur telah mengajukan cuti kampanye kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi. Selain gubernur, dua (2) wakil gubernur (wagub) juga telah meminta hal serupa. "Kalau gubernur dan wagub, sudah 11 orang yang mengajukan cuti," kata Gamawan melalui pesan singkatnya kepada SP, Kamis (14/3).

Kepala Humas Kementerian Dalam Negeri Didik Suprayitno menyebutkan nama-nama gubernur yang telah mengajukan cuti yaitu Irwan Prayitno (Gubernur Sumatera Barat), Alex Noerdin (Gubernur Sumatera Selatan), Ahmad Heryawan (Gubernur Jawa Barat), dan Soekarwo (Gubernur Jawa Timur).

Selain itu ada Frans Lebu Raya (Gubernur Nusa Tenggara Timur-NTT), Cornelis (Gubernur Kalimantan Barat), Rudi Arifin (Gubernur Kalimantan Selatan), Longki Djanggola (Gubernur Sulawesi Tengah), dan Anwar Adnan Saleh (Gubernur Sulawesi Barat). Adapun dua wagub yang mengajukan cuti adalah Aladin S. Mengga (Wagub Sulawesi Barat) dan Ishak Mekki (Wagub Sumatera Selatan).

"Cuti menteri diberikan oleh presiden, sementara (cuti) gubernur dan wagub (diberikan) oleh Mendagri. Sedangkan (cuti) bupati, wakil bupati, wali kota dan wakil walikota (ditetapkan) gubernur," terang Didik.

Menurutnya, selama masa kampanye yang berlangsung 16 Maret hingga 5 April, cuti bisa diberikan dua (2) hari kerja dalam seminggu. Permohonan cuti kampanye diajukan paling lambat 12 hari sebelum melaksanakan kampanye. Hari libur adalah hari yang dibebaskan untuk melakukan kampanye.

"Antara kepala daerah dan wakil harus mengatur cuti kampanye. Tujuannya, agar waktunya tidak bersamaan. Dengan demikian, penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik tetap berjalan. Permohonan cuti kampanye harus menyebutkan waktu dan jangka waktu kampanye serta lokasi kampanye," jelas Didik.

Sumber: Suara Pembaruan