Universitas Terbuka Berkomitmen Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Universitas Terbuka Berkomitmen Cegah Penyalahgunaan Narkoba
Rektor Universitas Terbuka Tian Belawati ( Foto: Suara Pembaruan/Anselmus Bata / Anselmus Bata )
Anselmus Bata / AB Selasa, 3 Mei 2016 | 15:43 WIB

Tangerang Selatan - Universitas Terbuka (UT) berkomitmen mencegah penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan obat berbahaya (narkoba). Salah satu upaya mewujudkan komitmen tersebut dilakukan melalui seminar menjelang wisuda bertema "Membangun Pelajar Berkarakter dan Bebas dari Penyalahgunaan Narkoba" Seminar dengan narasumber Irjen Pol Bachtiar Hasanudin yang mewakili Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso digelar di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (2/5).

Ketika membuka seminar, Rektor UT Tian Belawati menyatakan saat ini Indonesia berada dalam kondisi darurat narkoba. Penyalahgunaan narkoba, khususnya di kalangan pelajar, merupakan tanggung jawab bersama, yakni pemerintah, media massa, keluarga, orangtua, sekolah, dan masyarakat.

Program pencegahan berbasis sekolah merupakan bagian yang penting dalam upaya mencegah penyalahgunaan narkoba. Pencegahan berbasis sekolah lebih mudah dilaksanakan karena sekolah lebih berstruktur, sehingga pengawasan bisa dilakukan secara komprehensif. Pelaksanaan pendidikan dan pencegahan di sekolah dapat dilakukan melalui kurikulum maupun kegiatan ekstrakurikuler dengan cara menyisipkan pengetahuan atau materi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

Dikatakan, UT sebagai satuan pendidikan tinggi telah berkiprah dalam mengedukasi dan menyosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Dalam acara orientasi studi mahasiswa baru (OSMB), UT menyisipkan materi antinarkoba dan juga antikorupsi.

Selain itu, dalam laman Guru Pintar Online (GPO), UT akan melengkapinya dengan kit pendidikan antinarkoba.

"UT berkomitmen untuk menjadi salah satu agent of change dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba," katanya.

Sedangkan Bachtiar berharap dukungan semua pihak untuk membentengi generasi bangsa, terutama kalangan pelajar agar mereka terbebas dari penyalahgunaan narkoba.

Sumber: BeritaSatu.com