UPH-UI-ITB Berkolaborasi Gelar Seminar Perkotaan

UPH-UI-ITB Berkolaborasi Gelar Seminar Perkotaan
Seminar "Who Build City?" yang diselenggarakan oleh UPH berkolaborasi dengan UI dan ITB. ( Foto: B1/Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / AB Selasa, 4 Desember 2018 | 12:46 WIB

Jakarta – Universitas Pelita Harapan (UPH) berkolaborasi dengan Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) berkolaborasi menggelar seminar “Transforming Lives Human and Cities” dengan tajuk “Who Build Cities?” di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, Selasa (4/12).

Ketua panitia penyelenggara seminar, Nurfakih Wirawan mengatakan seminar difokuskan pada perencanaan dan kebijakan dalam pengembangan kota-kota besar di Indonesia. Seminar ini diharapkan bisa membangun kepedulian, sekaligus katalis untuk riset-riset dan praktik yang dilakukan oleh semua elemen dalam mewujudkan kota layak huni.

“Ini merupakan seminar yang kelima. Selain berkolaborasi dengan UI dan ITB, seminar ini juga diselenggarakan bersama Urban and Regional Development Indonesia (URDI),” kata Nurfakih dalam acara tersebut.

Senior Advisor School of Design UPH, Alwi Sjaaf mengatakan seminar ini diselenggarakan secara berseri dan menjadi sebuah komitmen UPH untuk menyajikan diskusi hangat seputar perkotaan dan sumber daya manusia (SDM). Maka, tak heran bila narasumber yang mengisi acara ini merupakan para tokoh bangsa yang telah berhasil membangun kotanya, para pakar arsitektur dan perkotaan nasional. Pembicara dalam seminar ini adalah Wali Kota Bogor, Bima Arya, Dekan Sekolah Arsitektur Perencanaan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB, Widjaja Martokusumo, pakar sosiologi Paulus Wirutomo, dan Sofian Sibarani dari Urban+.

“Kami harapkan semangat dari serial seminar ini dapat membuat kita lebih antusias untuk meningkatkan aspek kelayakan hidup di kota kita,” kata Alwi.

Seminar "Transforming Lives Human and Cities" yang kelima ini melanjutkan topik pembahasan dari seminar keempat bertajuk “Who Build Cities?” yang telah diselenggarakan pada September lalu.

Dalam kesempatan ini, juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama antara UPH, UI, dan ITB. Penandatanganan dilakukan Dekan SAPPK ITB, Widjaja Martokusumo, Dekan Fakultas Teknik UI, Hendri DS Budiono, dan Dekan School of Design UPH, Martin L Katoppo.

“Keja sama ini merangkum kesepakatan tiga perguruan tinggi untuk bersama-sama meningkatkan kapasitas dan kemampuan sumber daya manusia di masing-masing institusi, melakukan penelitian bersama, kegiatan pertukaran ilmuwan atau mahasiswa dan mengadakan konferensi ilmiah secara bersama-sama,” terangnya.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE