Dekan FKUI: Uang Kuliah Kedokteran UI Terbilang Murah

Dekan FKUI: Uang Kuliah Kedokteran UI Terbilang Murah
Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Ari Fahrial Syam. ( Foto: FKUI )
/ JAS Senin, 7 Januari 2019 | 11:13 WIB

Jakarta - Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Ari Fahrial Syam mengatakan uang kuliah kedokteran di Universitas Indonesia terbilang murah.

"Untuk kelas reguler uang kuliah tunggal UI termasuk paling murah, termasuk untuk masuk Fakultas Kedokteran," ujar Ari di Jakarta, Senin (7/1).

Uang Kuliah Tunggal (UKT) kelas reguler FKUI terdiri dari beberapa tingkatan sesuai dengan penghasilan orang tua, bahkan kalau memang orang tua minta keringanan untuk biaya kuliah. "Bahkan UKT bisa tidak bayar atau nol rupiah atau UKT1 mulai Rp 0-Rp 500.000," tambah dia.

Sementara untuk kelas reguler paling mahal atau UKT C hanya membayar Rp 15 juta. Ari membandingkan dengan universitas negeri lain, umumnya UKT termahal bisa mencapai 50-100 persen lebih mahal daripada biaya kuliah termahal di FKUI.

"Menjadi dokter di UI saja, lebih murah dari pada PTN ternama lainnya apalagi dibandingkan dengan di FK PTN lain atau FK PTS," cetus dia.

Oleh karena itu, dia meminta agar siswa SMA sederajat tidak ragu untuk masuk ke FKUI. Untuk mahasiswa yang tidak mampu bahkan FKUI melalui ILUNI dan Program Orang Tua Asuh serta Perkumpulan Penyantun Kesejahteraan Mahasiswa memberikan "beasiswa dalam bentuk bantuan hidup setiap bulan".

"Jangan ragu untuk memilih UI dan FKUI karena biaya yang murah bahkan bisa tanpa membayar untuk menjadi dokter dari FKUI. Siapapun bisa menjadi dokter dari universitas 10 terbaik di Asia Tenggara saat ini," imbuh Ari.



Sumber: ANTARA