UI Buka Pendaftaran MWA Unsur Masyarakat

UI Buka Pendaftaran MWA Unsur Masyarakat
Mahasiswa memenuhi ruangan Auditorium Vokasi, di Kampus UI Depok, Kamis (29/11/18). Acara yang digelar oleh Vokasi Universitas Indonesia ini untuk memotivasi para mahasiswa dan generasi millenial untuk terus berani mengembangkan dan mengasah kemampuan pribadi untuk menjadi sosok yang siap sebagai enterpreneur atau profesional sejati. ( Foto: beritasatu photo / mohammad defrizal )
Bhakti Hariani / WBP Selasa, 12 Februari 2019 | 17:58 WIB

Depok, Beritasatu.com - Universitas Indonesia (UI) membuka kesempatan kepada masyarakat umum untuk menjadi anggota Majelis Wali Amanat UI (MWA UI) wakil unsur masyarakat umum masa bakti 2019 - 2024. Periode pendaftaran dilaksanakan pada 11-22 Februari 2019.

Kepala Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI Rifelly Dewi Astuti mengatakan, berkas pendaftaran dapat diunduh melalui lamanui.id/mwaunsurmasyarakat. "Kelengkapan berkas lamaran dapat diserahkan ke Sekretariat Panitia di Gedung PAUI lantai 8, kampus UI Depok atau di-email ke pansus-mwa-ui19@ui.ac.id paling lambat 22 Februari 2019," kata Rifelly dalam siaran pers yang dikirimkan kepada redaksi Beritasatu.com, Selasa (12/2).

Rifelly memaparkan, MWA UI adalah organ UI yang mewakili kepentingan pemerintah, masyarakat, dan universitas. Anggota MWA berjumlah 17 orang yang terdiri dari beberapa elemen, yaitu Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, rektor, tujuh wakil dosen, enam wakil masyarakat, satu wakil tenaga kependidikan, satu wakil dari mahasiswa.

Nantinya, lanjut Rifelly, ada enam anggota MWA unsur masyarakat yang akan dipilih dimana dua orang akan menjadi ketua Komite Audit dan ketua Komite Risiko dengan syarat memiliki kompetensi di bidang organisasi, akuntansi, dan keuangan serta manajemen risiko dan memiliki cukup waktu dan komitmen untuk melaksanakan tugasnya.

Jadwal pemilihan calon anggota MWA UI wakil unsur masyarakat diawali dengan penjaringan atau sosialisasi kepada masyarakat pada 11 hingga 22 Februari 2019. Kemudian penyeleksian awal dan penerimaan masukan masyarakat melalui ui.id/mwaunsurmasyarakat serta sosial media UI pada 24 Februari 2019 hingga 5 Maret 2019 dan diakhiri pemilihan dan pengumuman pada 14 Maret 2019.

Ada enam kriteria umum anggota MWA UI wakil unsur masyarakat umum yakni

1. Bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Memiliki reputasi baik, komitmen, kemampuan, integritas, visi, wawasan dan minat terhadap pengembangan pendidikan tinggi, tidak memiliki konflik kepentingan, serta bukan anggota partai politik.
3. Memiliki kepemimpinan, mampu bekerja sama, berempati, menginspirasi, dan memberdayakan, mampu berkomunikasi secara baik dan efektif, serta mampu bertindak sebagai figur penghubung UI – masyarakat.
4. Berjiwa kemitraan dan memiliki jaringan luas di sektor publik dan swasta untuk kepentingan, kemajuan, dan manfaat UI.
5. Memiliki pemahaman isu strategis Perguruan Tinggi khususnya PTN BH.
6. Bersedia menjadi Ketua Komite Audit atau Komite Risiko sesuai dengan kompetensi yang diperlukan.

 

Tugas dan kewajiban MWA adalah :

1. Menetapkan kebijakan umum UI setelah mendapatkan pertimbangan dari Senat Akademik dan Dewan Guru Besar.
2. Melakukan pengawasan terhadap kondisi keuangan UI.
3. Mengesahkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Rencana Strategis (Renstra), dan RKA serta mengevaluasi implementasinya.
4. Memberikan masukan kepada Rektor atas pengelolaan UI, dan pelaksanaan peraturan perundang-undangan.
5. Melakukan penilaian atas kinerja Rektor sekali dalam setahun, bersama-sama dengan SA dan DGB.
6. Memilih dan memberhentikan Rektor UI.
7. Memfasilitasi pengembangan UI dan membantu mencarikansolusi atas masalah yang dihadapi UI