Pramuka Diprioritaskan, KKP Bakal Gelar Jambore Pesisir Nasional 2020

Pramuka Diprioritaskan, KKP Bakal Gelar Jambore Pesisir Nasional 2020
Peserta tengah bertanya dalam workshop Penyadartahuan Potensi dan Mitigasi Tsunami Melalui Gita Laut di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Kamis (14/3). ( Foto: Ist )
Heriyanto / HS Jumat, 15 Maret 2019 | 11:34 WIB

Kalianda, Beritasatu.com - Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menggelar Jambore Pesisir Nasional pada 2020. Kegiatan berskala nasional itu direncanakan melibatkan generasi muda dari seluruh Indonesia guna menumbuhkan rasa cinta pada sektor kelautan dan perikanan.

Hal itu dikatakan Dirjen PRL KKP Bramantyo Satyamurti Poerwadi, Kamis (14/3), dalam acara Jambore Pesisir dan Penyadartahuan Potensi dan Mitigasi Tsunami Melalui Gita Laut di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung. Kegiatan tersebut juga didukung PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Dikatakan, Jambore Pesisir Nasional itu akan mengajak anggota Praja Muda Karana (Pramuka) dari berbagai daerah dan tingkatan. Namun, peserta jambore itu hanya anggota Pramuka yang bisa berenang. “Tahun depan kita buat Jambore Pesisir Nasional yang melibatkan lebih banyak generasi muda, terutama dari Pramuka. Tapi, hanya anggota Pramuka yang bisa berenang saja,” ujarnya.

Penegasan itu dimaksudkan agar generasi muda, termasuk Pramuka, semakin memahami berbagai hal di pesisir dan lautan. Selama ini, Ditjen PRL selalu konsisten mengajak berbagai Pramuka di berbagai daerah untuk terlibat dalam jambore di beberapa daerah.

Abduh Nurhidajat selaku Plt Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Dirjen PRL, KKP menjelaskan bahwa Jambore Pesisir sudah digelar beberapa kali digelar sejak tahun 2017 dan 2018 lalu. Kegiatan yang melibatkan ratusan peserta itu sudah digelar di beberapa daerah seperti di Pangandaran, Sukabumi, dan Cirebon (Jawa Barat).
Jambore Pesisir merupakan salah satu kegiatan dalam kampanye Gerakan Cinta Laut (Gita Laut). Selain Jambore Pesisir, aktivitas Gita Laut juga diisi dengan Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL).

“Kami berharap dukungan dan semakin banyak pihak-pihak yang ikut mendorong kegiatan seperti ini sehingga generasi muda yang mencintai laut dan pantai pun terus bertambah,” ujarnya.

Baca : Selalu Libatkan Pramuka, ASDP Apresiasi Gita Laut dan Jembore Pesisir KKP

Dalam acara pembukaan Jambore Pesisir, Rabu (13/3/2019), Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi menyatakan sangat mendukung Jambore Pesisir yang diinisiasi KKP tersebut. Secara khusus dia juga memberi apesiasi karena KKP secara konsisten melibatkan kelompok Pramuka yang pernah digelutinya sejak masih remaja.

Ira mengatakan Pramuka merupakan salah satu wadah dan aset nasional untuk membangun karakter generasi muda. Pramuka memupuk rasa kebangsaan, melatih kepemimpinan, dan sarana untuk melatih kemampuan adaptasi.

“Ini tiga hal yang saya dapatkan dari keterlibatan di Pramuka sehingga sangat tepat jika kita semua terus mendukung kegiatan Jambore Pesisir yang sudah dimulai KKP ini. PT ASDP akan terus terlibat dalam kegiatan selanjutnya,” ujar Ira.

Abduh Nurhidajat berharap berbagai pihak, termasuk ASDP Indonesia (Persero), bisa mendukung rencana Jambore Pesisir Nasional tersebut. Apalagi, aktivitas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut selalu bersinggungan dengan laut dan pesisir sehingga bisa membagikan pengalaman kepada generasi muda Indonesia.



Sumber: Suara Pembaruan