UGM Kembangkan Potensi Kelautan di Natuna

UGM Kembangkan Potensi Kelautan di Natuna
Para mahasiswa KKN PPM UGM di Natuna besama dosen pembimbing tengah berpose bersama di Kampus UGM, Yogyakarta. ( Foto: dok )
Yudo Dahono / YUD Kamis, 11 Juli 2019 | 15:44 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengembangkan potensi wisata dan kelautan di wilayah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM). Langkah ini ditempuh sebagai upaya nyata UGM dalam meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Demikian dikatakan Dosen Pembimbing Lapangan KKN PPM UGM di Natuna, Agastya di Jakarta, Kamis (11/7/2019).
Agastya yang juga merupakan staf pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM ini mengatakan, Natuna dipilih karena merupakan salah satu daerah yang kaya akan potensi wisata dan kelautan. Selain itu, Natuna juga termasuk daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) di Indonesia.

Dikatakan, melihat potensi yang ada itu, UGM tergerak untuk membantu masyarakat mengembangkan potensi tersebut sehingga masyarakat mendapatkan manfaat ekonomi dan mampu meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

"Dengan kegiatan KKN PPM UGM di Natuna ini, para mahasiswa bisa membagikan ilmu yang mereka dapatkan di bangku kuliah untuk membantu masyarakat setempat mengubah potensi yang ada menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis bagi masyarakat," kata Agastya. Dalam kesempatan yang sama pula, tuturnya, para mahasiswa juga bisa belajar berbagai kearifan lokal dari masyarakat setempat.

Ia menjelaskan, KKN PPM UGM ini merupakan salah satu bentuk pengabdian UGM bagi masyarakat Indonesia sebagai perwujudan tri dharma perguruan tinggi dan jati diri UGM sebagai universitas kerakyatan.

Selain itu, melalui KKN ini, dia berharap, para mahasiswa bisa belajar bekerja sama secara berkelompok dari latar belakang keilmuan yang berbeda (interdisipliner) dan juga bekerja bersama masyarakat dalam menyelesaikan suatu persoalan.

Kegiatan KKN PPM UGM di Natuna ini diikuti oleh 30 orang mahasiswa UGM. Mereka ditempatkan di Desa Tanjung Kumbik Utara dan Desa PulauTiga, Kecamatan Pulau Tiga Barat, KabupatenNatuna,Provinsi Kepulauan Riau. Para mahasiswa ini sudah berada di lokasi KKN sejak tanggal 1 Juli 2019 hingga nanti tanggal 18 Agustus 2019. Jadi mereka akan berada di sana sekitar 50 hari.

Natuna merupakan satu dari 107 lokasi KKN PPM 2019 UGM yang tersebar di 107 kabupaten dan kota di 32 provinsi, yang diikuti oleh 5.360 mahasiswa.



Sumber: BeritaSatu.com