Presiden Minta Pemda Beri Perhatian Penuh ke Pramuka

Presiden Minta Pemda Beri Perhatian Penuh ke Pramuka
Sejumlah anggota Pramuka dilibatkan dalam kegiatan membersihkan Sungai Ciliwung di Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (23/6/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Vento Saudale )
Hotman Siregar / FMB Rabu, 14 Agustus 2019 | 18:52 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para kepala daerah baik gubernur, wali kota, bupati untuk memberikan perhatian dan dukungan penuh kepada kemajuan gerakan Pramuka di daerah. Sebab, gerakan pramuka adalah tempat calon-calon pemimpin bangsa di masa depan.

"Gerakan pramuka membentuk manusia-manusia Pancasila yang tangguh yang tahan banting dan berakhlak mulia," ujar Jokowi di Cibubur, Jawa Barat, Rabu (14/8).

Jokowi juga berpesan agar Pramuka tetap selalu berpegang pada kode kehormatan gerakan pramuka bersama seluruh komponen bangsa. Selain itu, bersatu padu membangun keutuhan NKRI dan menciptakan dunia lebih baik.

Presiden juga mengatakan, bahwa gerakan pramuka perlu penekanan pendidikan dan pembentukan karakter. Sebab, hal itu berperan sangat penting dalam menanggulangi masalah-masalah termasuk dalam membentuk generasi muda yang rela menolong, tabah, cinta tanah air berani dan siap mempertahankan keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

"Kodrat kita adalah menjadi bangsa yang beragam majemuk kita punya 714 suku dan lebih dari 1.100 bahasa lokal, bahasa daerah. Ini harus kita syukuri dan alhamdulillah gerakan pramuka telah memberikan contoh bagaimana keberagaman yang ada justru memperindah, dan menyatukan semua anggota pramuka," katanya.

Menurut Jokowi, perbedaan agama, ras, suku dan golongan dalam gerakan pramuka semuanya bisa bersatu, bermusyawarah dan merasa bersaudara. Tentunya dengan semangat persatuan dan perdamaian.

"Semua itu sesuai dengan slogan negara kita Bhinneka Tunggal Ika. Berbeda-beda tapi tetap satu jua," katanya



Sumber: Suara Pembaruan