Beri Kuliah Umum di Binus University, Danseskoal Ingatkan Pentingnya Pancasila

Beri Kuliah Umum di Binus University, Danseskoal Ingatkan Pentingnya Pancasila
Laksamana Muda Amarulla Octavian ( Foto: Istimewa )
Asni Ovier / AO Minggu, 8 September 2019 | 08:18 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Nilai-nilai luhur Paancasila sangat penting dalam memperkokoh karakter rakyat Indonesia. Pancasila akan memperkokoh karakter dan jati diri bangsa, termasuk di kalangan mahasiswa.

Hal itu dikatakan Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda Amarulla Octavian saat memberikan kuliah umum di Binus University, Jakarta Barat, Sabtu (7/9/2019). Kuliah umum diberikan dalam rangka inagurasi mahasiswa baru Program Studi Magister dan Doktoral Semester Ganjil 2019-2020 yang diikuti lebih dari 200 mahasiswa dari Fakultas Teknik Informatika, Fakultas Sistem Informasi, Fakultas Teknik, serta Sekolah Bisnis dan Manajemen.

Acara tersebut dihadiri Wakil Rektor I Pengembangan Akademi Engkos Kuncoro, Warek II Riset dan Transfer Teknologi Tirta Mursitama, Direktur Program Doktor Bahtiar Saleh Abbas, serta Direktur Pascasarjana dan Ketua Program Studi Ilmu Komputer Edi Abdurachman. Hadir pula 27 dosen dari berbagai disiplin ilmu.

Dalam kesempatan itu, Danseskoal menyampaikan materi kuliah umum berjudul “Menjadi Mahasiswa yang Inovatif, Kreatif, Berkarakter, dan Memiliki Nasionalisme pada Era Persaingan Global” yang disampaikan secara komprehensif. Materi kuliah juga banyak membahas berbagai pengaruh globalisasi dan teknologi informasi yang dapat mengikis nasionalisme dan patriotisme.

“Nilai-nilai luhur Pancasila sangat penting dalam memperkokoh karakter para mahasiswa pascasarjana Binus University sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia. Revolusi industri 4.0 justru dapat dipandang sebagai peluang untuk meningkatkan semangat belajar para mahasiswa menjadi yang terbaik dan memberi kontribusi positif kepada pemerintah,” kata Laksda Octavian.

Selain Danseskoal, kuliah umum juga disampaikan oleh guru besar Ilmu Komputer Universitas Indonesia Benyamin Kusumoputro, yang menyampaikan materi tentang pembahasan perkembangan terkini teknologi komputer di dunia.

“Kemajuan ilmu komputer dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan inovasi dan kreatifitas para mahasiswa menciptakan produk-produk teknologi baru demi kemajuan Indonesia,” ujar Benyamin.

Para peserta kuliah umum memberikan apresiasi dan respon positif atas materi yang sangat terkait dengan program pemerintah 5 tahun ke depan untuk meningkatkan SDM yang unggul menuju Indonesia yang maju.



Sumber: BeritaSatu.com