Survei JSI, Prabowo-Hatta Unggul Tipis

Survei JSI, Prabowo-Hatta Unggul Tipis
Konferensi pers saat hitung cepat Jaringan Survei Indonesia (JSI) ( Foto: Ezra Sihite/Beritasatu.com )
Ezra Sihite Rabu, 9 Juli 2014 | 14:33 WIB

Jakarta - Berbeda dengan hasil jumlah hitung cepat yang dilakukan oleh berbagai lembaga dan media, hasil hitung cepat Jaringan Survei Indonesia (JSI) menunjukkan pasangan nomor urut satu Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa unggul tipis. Namun, menurut Wakil Direktur Eksekutif JSI Fajar S Tamin, belum menunjukkan kepastian untuk hasil sebenarnya. Sebab, masih 73,45% data yang masuk.

"Belum bisa disimpulkan saat sekarang siapa yang akan menang karena masih ada dalam koridor margin of error," kata Fajar di kantor JSI kawasan Warung Jati, Jakarta Selatan, Rabu (9/7).

Dari hasil data yang masuk yaitu 1.469 TPS, pasangan nomor urut satu Prabowo-Hatta unggul 50,24% sementara pasangan Jokowi-Jusuf Kalla 49,66%. "Harus menunggu data lebih banyak masuk," kata Fajar lagi.

JSI akan mengambil sampel di 2000 TPS dengan metodologi dengan multistage random sampling. Sementara margin of error + satu persen. "Dua ribu cukup mewakili," lanjutnya.

Jaringan Suara Indonesia (JSI) merupakan lembaga survei yang sudah terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Lembaga ini sudah pernah melakukan 516 survei 58 hitung cepat di Indonesia. Untuk pemilukada, JSI pernah melakukan hitung cepat di Pemilukada Kalimantan Selatan (Kalsel), Pemilukada Banten, pemilihan gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), perbandingan hasil hitung cepat dan pleno KPU Nusa Tenggara Barat (NTB) dan perbandingan hasil hitung cepat dan pleno KPU pemilihan gubernur Jawa Tengah.

Untuk hitung cepat ini, JSI memperoleh sampel di 2000 tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Indonesia.