Kemdagri Canangkan Zona Integritas

Kemdagri Canangkan Zona Integritas
Mendagri Tjahjo Kumolo ( Foto: Antara/Sigid Kurniawan )
Carlos KY Paath Senin, 14 September 2015 | 11:19 WIB

Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) mencanangkan Zona Integritas pada masing-masing unit kerja Eselon I di lingkungan kementerian tersebut. Pembangunan zona tersebut merupakan pilot project dari pelaksanaan program reformasi birokrasi sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 81/2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi.

"Kami sepakat pencanangan ini tidak seremonial. Kita terus update, awasi," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dalam sambutannya pada Pencanangan Zona Integritas Kemdagri, di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kemdagri, Jakarta, Senin (14/9).

Tjahjo mengatakan, reformasi birokrasi merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien. Dengan demikian aparatur sipil negara (ASN) dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional.

Dalam perjalanannya, banyak kendala yang dihadapi di antaranya yakni penyalahgunaan wewenang, praktik korupsi kolusi nepotisme (KKN) dan lemahnya pengawasan. 

Sejalan dengan hal itu, telah diterbikan Perpres Nomor 81/2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi tersebut. Perpres mengatur tentang pelaksanaan program reformasi birokrasi antara lain pilot project pembangunan Zona Integritas.

Tjahjo menyatakan, pimpinan unit kerja yang telah ditetapkan sebagai wilayah pembangunan zona integritas mempunyai beberapa tugas. Salah satunya yaitu, menyebarluaskan pelaksanaan zona integritas secara intensif kepada seluruh ASN di unit kerja maupun kepada masyarakat luas. "Kemudian juga berkoordinasi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan keputusan ini serta melaporkan pelaksanaan zona integritas secara periodik," kata Tjahjo.

Sementara itu, Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) Tarmizi A Karim menyatakan, melalui pencanangan ini, lahir motivasi dan tekad untuk menyukseskan reformasi birokrasi. "Sehingga dalam waktu tidak terlalu lama, seluruh satuan di lingkungan Kemdagri, bersih dan bebas korupsi," kata Tarmizi.

Turut hadir dalam pencangan di antaranya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) Yuddy Chrisnandi dan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Zulkarnaen, serta Ketua Ombudsman Danang Girindrawardana.

Sumber: Suara Pembaruan