Mendagri Telah Tandatangani Sekitar 100 Berkas Pengunduran Diri Anggota DPRD

Mendagri Telah Tandatangani Sekitar 100 Berkas Pengunduran Diri Anggota DPRD
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat apel Jambore Nasional ke-II Satpol PP 2015, di Lapangan Tembak Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, 9 Oktober 2015 ( Foto: Suara Pembaruan/Carlos Paath )
Carlos KY Paath Senin, 26 Oktober 2015 | 12:31 WIB

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan, pihaknya telah menandatangani lebih 100 berkas pengunduran diri anggota DPRD yang maju pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak, 9 Desember mendatang. Surat yang diteken tersebut juga sudah dikirimkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Sudah semua (berkas anggota DPRD yang ikut pilkada ditandatangani). Saya cek sudah semua. Malah supaya jangan sampai timbulkan masalah di daerah, fotokopinya kami kirim ke KPU,” kata Tjahjo, Senin (26/10).

Pada bagian lain, menurutnya, pilkada sudah sangat siap untuk dilaksanakan. Pemetaan daerah rawan konflik juga telah dilakukan seluruh pihak. “Sudah ada konsolidasi dalam rangka pelaksanaan pilkada, baik KPU, Bawaslu, DPR, partai politik, maupun Kemdagri (Kementerian Dalam Negeri). Ada penelaahan strategis dari pihak kepolisian dan Badan Intelijen Negara (BIN) terkait area-area yang kemungkinan terjadi konflik,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden kelima Megawati Soekarnoputri meminta pemerintah agar menjaga proses persiapan dan pelaksanaan pilkada serentak. Dengan begitu, tidak ada pihak yang berusaha menghambat pilkada.

“Saya juga memberikan stressing, kewaspadaan kita ditingkatkan jangan sampai pihak ketiga melakukan hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Megawati usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (24/10).

Sumber: Suara Pembaruan