Mendagri Minta Daerah Benahi 8 Sektor Birokrasi

Mendagri Minta Daerah Benahi 8 Sektor Birokrasi
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo ( Foto: Antara/Andika Wahyu )
Carlos KY Paath Senin, 26 Oktober 2015 | 13:21 WIB

Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) menyelenggarakan rapat pemutahiran data Tindak Lanjut Hasil Pengawasan (TLHP) penyelenggaraan pemerintah daerah (Pemda).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menginstruksikan agar daerah membenahi delapan sektor birokrasi.

Kedelapan sektor tersebut yakni, perencanaan dan penganggaran, pengadaan barang dan jasa, bantuan keuangan dan hibah, penyaluran dana desa, kesiapan pemda dalam pilkada serentak, penanganan konflik sosial, optimalisasi penyerapan anggaran dan penyederhanaan izin.

“Inspektorat daerah dan pusat harus mendukung quick win reformasi birokrasi dalam pengawasan penyelenggaraan pemda,” kata Tjahjo dalam rapat TLHP, di Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Senin (26/10).

Dia menambahkan, upaya tersebut bisa dilakukan dengan melakukan perubahan pada lima area. Pertama kapabilitas, profesionalisme dan integritas aparat pengawas, regulasi. Kedua regulasi, ketiga independensi, keempat anggaran dan kelima orientasi pengawasan.

Inspektorat Jenderal Kemdagri Tarmizi A Karim menambahkan, hasil akhir dalam rapat TLHP ini yakni, terhimpun dan terpetakannya seluruh hasil pengawasan penyelenggaraan Pemda yang dilakukan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

“Harapannya TLHP ini adalah terbangunnya komitmen dari Pemda sebagai upaya memperbaiki kelemahan tata kelola sekarang ini,” ujar Tarmizi.

Dalam rapat tersebut, sebanyak tujuh pemda mendapatkan penghargaan dari Kemdagri. Ketujuh pemda telah berkomitmen untuk menyelesaikan TLHP Kemdagri secara tuntas.

Tujuh pemerintah daerah tersebut meliputi Pemerintah Provinsi Bali, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan Pemerintah Provinsi Maluku.

Sumber: Suara Pembaruan