Ini Pesan Mendagri untuk Pemimpin Daerah yang Telah Dilantik

Ini Pesan Mendagri untuk Pemimpin Daerah yang Telah Dilantik
Tjahjo Kumolo. ( Foto: ID/Emral Firdiansyah )
Carlos KY Paath / WBP Rabu, 17 Februari 2016 | 19:18 WIB

Jakarta - Kepala daerah dan wakil kepala daerah yang telah dilantik diharapkan dapat segera bekerja. Konsolidasi dengan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompimda) juga perlu dilakukan pemimpin daerah.

"Pesan saya kepada kepala daerah dan wakilnya terpilih hasil pilkada serentak, setelah dilantik sudah harus kerja dan kerja," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Rabu (17/2).

Mendagri meminta kepala daerah segera menginventarisasi seluruh peraturan bupati/wali kota yang harus direvisi agar mempermudah perizinan, demi kemudahan investor dan masyarakat di daerah.

Dia meminta agar janji-janji kampanye kepala daerah dirumuskan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan menyiapkan revisi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) bersama DPRD setempat. "Saya harapkan segera koordinasi dengan Forkompimda setempat seperti kapolres, dandim, kajari, ketua pengadilan, tokoh-tokoh agama, masyarakat dan adat," ujarnya.

Menurutnya, masyarakat juga perlu digerakkan untuk membangun daerah. Selain itu, pemimpin daerah perlu mencermati setiap perkembangan dinamika di masyarakat. "Deteksi dini terhadap ancaman-ancaman kelompok-kelompok juga penting," ucapnya.

Mendagri juga mengucapkan selamat kepada kepala daerah agar amanah dan mampu melaksanakan program pemerintah pusat demi mempercepat pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

Sumber: Suara Pembaruan