Mendagri: Draf RUU Pilkada Sedang Diharmonisasi di Internal Pemerintah

Mendagri: Draf RUU Pilkada Sedang Diharmonisasi di Internal Pemerintah
Ilustrasi pilkada. ( Foto: Beritasatu.com )
Markus Junianto Sihaloho / WBP Rabu, 2 Maret 2016 | 13:25 WIB

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan pihaknya sedang melakukan harmonisasi revisi Undang-undang (UU) Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dengan Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) sembari menyerap semua aspirasi yang berkembang terkait susbtansi RUU itu. Semua proses itu dilaporkan juga kepada Presiden Joko Widodo.

"Telah disampaikan ke Presiden. Tunggu Ampres (Amanat Presiden). Target, persidangan DPR berikutnya, sudah dibahas," kata Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Rabu (3/3).

Dia melanjutkan, DPR akan memasuki masa reses pada 14 Maret mendatang. Setelah reses selesai, RUU Pilkada kemungkinan akan dibahas.

Sementara terkait substansi draf revisi UU itu sendiri, Mendagri menekankan bahwa sejauh ini tak ada ganjalan. Kalau belum ada kesamaan pandangan antara pemerintah dan DPR, masih bisa dibahas dalam proses legislasinya.

"Menyamakannya masih pro kontra, terkait PNS (pegawai negeri sipil) dan DPR harus mundur sebagai calon kepala daerah. MK (Mahkamah Konstitusi) sudah memutuskan harus mundur," imbuhnya.

Sumber: BeritaSatu.com