Menteri Agraria Lantik Lima Pejabat Eselon I

Menteri Agraria Lantik Lima Pejabat Eselon I
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan ( Foto: Antara/Reno Esnir )
Yeremia Sukoyo / AO Kamis, 19 Mei 2016 | 21:29 WIB

Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ferry Mursyidan Baldan melantik lima pejabat pimpinan tinggi madya di kementerian yang dipimpinnya, Kamis (19/5). Menteri Ferry mengakui, saat ini, seiring dengan perkembangan, permasalahan agraria sudah semakin rumit.

Oleh sebab itu, saat ini sangat dibutuhkan inovasi pelayanan pertanahan yang mampu mengakomodasi berbagai permasalahan pertanahan yang terjadi di masyarakat. "Masalah pertanahan betapa rumitnya. Harus diwujudkan inovasi-inovasi pelayanan pertanahan," kata Ferry.

Dari berbagai inovasi yang sudah dilakukan, menurutnya, sejak awal 2016 hingga pertengahan Mei ini, Kementerian ATR/BPN sudah menyumbangkan pendapatan dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) mencapai lebih dari Rp 700 miliar.

Sumbangan pendapatan negara dari bea perolehan hak terbesar masih disumbangkan Jakarta Selatan, yang mencapai angka Rp 33 miliar, kemudian Jakarta Utara sebesar Rp 24,4 miliar, Tangerang Selatan Rp 22,7 miliar, dan Jakarta Barat Rp 19,6 miliar.

Dalam Surat Keputusan Presiden Nomor 46/TPA tahun 2016 tentang pengangkatan dalam jabatan pimpinan tinggi madya tersebut mengangkat M Noor Marzuki sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian ATR, Budi Situmorang sebagai Direktur Jenderal Tata Ruang.

Kemudian, Raden Muhammad Adi Darmawan sebagai Direktur Jenderal Infrastruktur Keagrariaan, Raden Bagus Agus Widdjayanto sebagai Direktur Jenderal Hubungan Hukum Keagrariaan, serta Erna Muchniarty Mochtar sebagai Direktur Jenderal Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan Penguasaan Tanah Keagrariaan.

Sumber: BeritaSatu.com