Mendagri-Kepala BIN Bahas Pilkada Serentak 2017

Mendagri-Kepala BIN Bahas Pilkada Serentak 2017
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. ( Foto: SP/Carlos Roy Fajarta Barus )
Carlos KY Paath / PCN Jumat, 23 September 2016 | 06:48 WIB

Jakarta- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menerima kunjungan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Pol) Budi Gunawan. Pertemuan berlangsung di ruang kerja Tjahjo, Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Jakarta, Kamis (22/9). Turut hadir jajaran eselon I Kemdagri.

"Kami terima kasih atas kunjungan Kepala BIN. Kita mendiskusikan masalah Pilkada (pemilihan kepala daerah) Serentak 2017," kata Tjahjo usai pertemuan.

Sementara itu, Budi menjelaskan, kunjungannya bersifat silaturahmi dalam rangka meningkatkan koordinasi penyelenggara fungsi negara. Kemudian juga untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2017 di 101 daerah.

"Kita membentuk Satgas Pilkada untuk membantu kelancaraan penyelenggaraan Pilkada Serentak," kata Budi.

Mantan Wakapolri tersebut menyatakan, pengawasan pilkada tetap menjadi ranah Penegakan Hukum Terpadu Pemilihan Umum (Gakumdu). Sedangkan instrumen pengawasan berada di Badan Pengawas Pemilu

Menurutnya, potensi kerawanan konflik sebelum dan sesudah pilkada tetap terbuka. "Kalau potensi pasti ada, semua pasti sudah tahu," ujarnya.

"Semua, potensi ancaman sudah kita sampaikan kepada seluruh aparat di wilayah masing-masing. Tentu semua itu sudah diambil langkah deteksi, maupun peringatan dini. Kemudian untuk langkah-pangkah pencegahan dini, tindakan prefentif oleh satuan-satuan di wilayah sudah dilakukan."

Sedangkan Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemdagri, Soedarmo mengatakan, situasi di daerah masih kondusif. Dia menuturkan, Pilgub DKI Jakarta 2017 tetap akan dipantau seluruh pihak. :Ya selalu (dipantau), apalagi Jakarta jadi barometer," katanya.



Sumber: Suara Pembaruan