Anggota Komisi I Dukung Peremajaan Alutsista TNI AU

Anggota Komisi I Dukung Peremajaan Alutsista TNI AU
Presiden Joko Widodo (kanan) menyematkan tanda jabatan kepada Marsekal Madya (Marsdya) Hadi Tjahjanto saat pelantikan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara, Jakarta, 18 Januari 2017. ( Foto: BeritaSatu Photo/Joanito De Saojoao )
Hotman Siregar / FER Rabu, 18 Januari 2017 | 21:49 WIB

Jakarta - Anggota Komisi I DPR, Charles Honoris, mengatakan, penunjukan Marsekal Hadi Tjahjanto selaku Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) merupakan pilihan yang tepat. Diharapkan, Kasau yang baru dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) mampu melakukan peremajaan alat utama sistem persenjataan (Autsista).

"Kami tentunya sependapat dengan keinginan beliau untuk tidak lagi menerima hibah, tetapi melakukan peremajaan pesawat dengan pesawat baru. Kami siap mendukung realisasi misi tersebut," kata Charles di kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (18/1).

Ke depan, kata dia, tidak ada lagi insiden kecelakaan-kecelakaan pesawat yang mengakibatkan hilangnya nyawa para prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), karena pesawat sudah tua atau perawatan kurang memadai.

"Prajurit kita berhak untuk berlatih dan bertempur menggunakan alutsista dengan kondisi terbaik," ujarnya.

Menurut dia, penunjukan Marsekal Hadi sebagai Kasau menggantikan Marsekal Agus Supriyatna sudah sangat tepat karena beliau memiliki track record yang baik selama berdinas di TNI‎. Apalagi, beliau mantan Irjen Kementerian Pertahanan (Kemhan).

"Pasti beliau memahami kondisi alutsista TNI saat ini‎. Karena, dua tahun terakhir‎ berbagai kecelakaan pesawat terbang mengharuskan TNI AU untuk segera melakukan reformasi manajemen alutsista. Marsekal Hadi adalah sosok yang tepat untuk melakukan itu," jelas dia.

Di samping itu, Charles menambahkan, pengalaman Marsekal Hadi sebagai mantan Sesmilpres juga tentu membawa nilai tambah bagi kepemimpinan beliau di TNI AU. Menurut dia, Marsekal Hadi pasti memahami visi misi Presiden Jokowi terkait peningkatan kapasitas pertahanan udara RI.

"Saya berharap dibawah kepemimpinan Marsekal Hadi TNI AU bisa meningkatkan profesionalitasnya dan juga meningkatkan kemampuan pertahanan udara kita sesuai dengan Nawacita Jokowi-JK serta Trisakti Bung Karno. Selamat bertugas Marsekal Hadi," katanya.



Sumber: Suara Pembaruan