Mendagri: Jaga Suasana Kondusif Masa Tenang Pilkada

Mendagri: Jaga Suasana Kondusif Masa Tenang Pilkada
Tjahjo Kumolo. ( Foto: Antara )
Carlos KY Paath / WBP Selasa, 7 Februari 2017 | 10:32 WIB

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berharap agar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta serta pemilihan kepala daerah (pilkada) di daerah lain berlangsung kondusif. Deteksi dini, khususnya berkaitan Pilgub DKI perlu dicermati pihak keamanan.

“Pemerintah meminta seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan Pilkada Serentak 2017 agar berjalan demokratis. Jaga suasana kondusif pada masa tenang pilkada,” kata Tjahjo, Selasa (7/2).

Dia menyatakan, masa tenang jangan sampai diisi kegiatan yang menjurus kampanye. “Saat masa tenang, tidak boleh ada kegiatan yang sifatnya pengerahan massa oleh siapa pun, khususnya pendukung pasangan calon,” tegasnya.

Menurutnya, dari 101 daerah yang menggelar pilkada, Pilgub DKI memiliki tensi cukup tinggi. Pihak pemerintah telah membahas langkah-langkah pencegahan pengamanan Pilgub DKI.

“Apapun kita harus melakukan persiapan agar masyarakat maksimal bisa hadir di TPS (tempat pemungutan suara), faktor keamanan kami yakin kepolisian dan TNI sudah siap semuanya, KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) siap,” ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan