Isran Noor Tegaskan Pengembangan UMKM Harus Lebih Dipacu
Logo BeritaSatu

Isran Noor Tegaskan Pengembangan UMKM Harus Lebih Dipacu

Rabu, 28 Maret 2018 | 20:06 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Samarinda - Calon gubernur Kalimantan Timur dengan nomor urut 3, Isran Noor, menyampaikan pemikirannya terkait pengembangan Kalimantan Timur ke depan. Isran menyatakan beberapa langkah yang bisa diambil untuk membuat Kaltim menjadi provinsi yang disegani.

"Saya tak suka janji-janji. Semakin banyak janji, orang akan semakin mudah berbohong. Yang saya sampaikan, itu hasil pemikiranku. Banyak sudah yang saya pikirkan di kepala ini, terkait Kaltim ke depan," tegas Isran melalui keterangan tertulis kepada Beritasatu.com, Rabu (28/3).

Misalkan saja terkait pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), yang justru harus dipacu lebih keras lagi.

"UMKM harus kuat dan mandiri. Ekonomi kalangan masyarakat menengah ke bawah ini yang kami dorong. Kenapa? Kalau perputaran ekonomi untuk menengah ke bawah bisa berjalan, dampaknya itu tidak hanya ke masyarakat, tetapi hingga ke daerah. Caranya bagaimana? Kami sedang kaji bagaimana bisa memberikan modal tanpa agunan, atau dengan agunan minim ke UMKM. Permodalan menjadi target kami," ucapnya.

Hal lain yang juga bisa dilakukan adalah menciptakan lapangan kerja baru. Cara menciptakan lapangan kerja baru ini, tak hanya dengan membuka banyak pabrik di Kaltim, tetapi juga bagaimana caranya membuat industri yang sudah ada di Kaltim, menjadi semakin berkembang. “Jika industri berkembang, otomatis mereka juga membuka lapangan kerja yang lebih banyak," ungkapnya.

Sebagai contoh, Isran sampaikan ia pernah bertandang ke pabrik plywood di Samarinda Seberang yang menjelaskan prospek bisnis mereka yang kekurangan bahan baku.

"Sementara, masih ada hasil hutan Kaltim yang justru dijual hingga ke luar negeri. Kemudian setelah jadi, dijual lagi ke Kaltim. Ini kan ironi. Bahan bakunya dari Kaltim, tetapi diolah di luar, kemudian dijual di Kaltim dengan harga tinggi. Ini banyak berlaku, misalnya saja kelapa sawit kita, karet kita, dan lainnya," beber Isran.

Kondisi Kaltim yang terpaut jarak antar kabupaten/kota juga diakuinya membutuhkan sarana penghubung yang juga mestinya digenjot.

"Itulah mengapa saya menolak jika harus diminta membangun gedung-gedung besar, yang hasilnya belum terlihat di Kaltim. Belum lagi misalnya dulu pernah ada wacana Kaltim Air, tetapi belum terlihat sampai sekarang. Daripada uang habis untuk bangun gedung, lebih baik digunakan untuk penggenjotan ekonomi," pungkasnya.

Kaltim Butuh Pemimpin "Gila"

Sementara itu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur, Sutrisno Thoha berpendapat Kalimantan Timur membutuhkan sosok pemimpin “gila” berani, pintar dan tegas. Sutrisno menilai kriteria itu dimiliki seorang Isran Noor yang layak memimpin Kalimantan Timur ke depan.

“Kaltim ini butuh pemimpin gila dalam tanda petik ya, nah itu dimiliki oleh Isran Noor, orangnya berani, pintar, tegas. Itu dibuktikan dengan beliau pernah menjadi mantan ketua ketua Assosiasi Kepala Daerah Seluruh Indonesia (Apkasi),” kata Sutrisno melalui kesempatan terpisah.

Sutrisno menjelaskan mantan Bupati Kutai Timur itu juga putra daerah yang berani. Pernah mencalonkan diri menjadi calon wakil presiden. “Itu pertaruhannya kalau bicara sosok,” ujarnya.

Didampingi Hadi Mulyadi sebagai calon wakil gubernur yang merupakan kader PKS, seorang yang agamis, santun yang bisa mengimbangi Isran Noor. "Insya Allah punya peluang untuk menang,” terang Sutrisno.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Jokowi dan Airlangga Dinilai Pasangan Ideal

Rakyat membutuhkan pendamping presiden yang saling mengisi.

POLITIK | 28 Maret 2018

Sekjen Demokrat Masih Optimistis Poros Ketiga Akan Terbentuk

Hinca mengaku terus menjalin komunikasi dengan kedua partai lainnya.

POLITIK | 28 Maret 2018

Jaksa Agung Nilai Pilkada 2018 Juga Jadi Ajang Adu Gengsi

Pilkada 2018 juga dianggap menjadi momen adu gengsi.

POLITIK | 28 Maret 2018

PDIP Minta KIP Ikut Luruskan Berita Bohong

Ketika ada kesimpangsiuran, banyak berita bohong dan menyesatkan, maka KIP dapat mengisi ruang itu dengan berita benar sebagai bentuk pertanggungjawaban.

NASIONAL | 28 Maret 2018

KIP Apresiasi Transparansi Keuangan PDIP

Wakil Ketua KIP Pusat Gede Narayana Sunarkha mengaku sangat mengapresiasi sistem rekening gotong royong yang diterapkan PDIP sebagai wujud dari transparansi.

POLITIK | 28 Maret 2018

Hashim Tegaskan Prabowo Tetap Maju Jadi Capres 2019

Meski demikian ada pertimbangan soal kesehatan dan keuangan untuk maju lagi menjadi capres.

POLITIK | 28 Maret 2018

Pasangan Ficardo-Bachtiar Diadukan ke Bawaslu

Pasangan calon petahana diduga melibatkan aparatur sipil negara dalam kampanye.

POLITIK | 27 Maret 2018

Airlangga Minta Pengurus Golkar Pasang Foto Jokowi

Pemasangan foto tersebut guna sosialisasi pemenangan Golkar dan Jokowi di Pilkada dan Pemilu.

POLITIK | 28 Maret 2018

Soal Cakepda Tersangka, Wiranto: Biarkan Rakyat Memilih

Pilihan diserahkan ke masyarakat, apakah masih memilih cakpeda yang sudah berstatus tersangka atau tidak.

POLITIK | 27 Maret 2018

Eva PDIP: Kunjungan Jokowi ke Pesantren Bentuk Pendidikan Politik

Pendidikan politik demi mengatasi politik berbasis agama.

POLITIK | 27 Maret 2018


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS