Ma'ruf Amin: Indonesia Tidak Seperti Rwanda

Ma'ruf Amin: Indonesia Tidak Seperti Rwanda
KH Ma'ruf Amin. (Foto: Antara)
Markus Junianto Sihaloho / FMB Rabu, 26 Desember 2018 | 15:27 WIB

Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin, menilai pernyataan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto yang menyamakan Indonesia dengan negara miskin seperti Rwanda dan Haiti adalah pernyataan yang salah.

"Enggak benar ya," kata Kiai Ma'ruf saat ditanya wartawan, Rabu (26/12).

Dijelaskannya, secara skala ekonomi, Indonesia hampir sama atau sedikit di bawah Tiongkok dan India. Pertumbuhan ekonomi Indonesia juga tak jauh berbeda dengan negara-negara itu.

Di sisi pemerataan ekonomi, pembangunan infrastruktur dan fasilitas di era pemerintahan Jokowi juga sangat masif, sehingga pengurangan angka kemiskinan juga signifikan.

"Warisan kemiskinan yang diterima Jokowi kan besar. Tetapi sekarang sudah di satu digit, artinya sudah berkurang signifikan," kata Kiai Ma'ruf.

Sehingga dengan demikian, baginya, seharusnya tak mungkin bila kondisi Indonesia disamakan dengan kondisi negara seperti Rwanda. Apalagi jika Jokowi kembali terpilih di periode berikutnya. Indonesia akan mengalami lompatan-lompatan ekonomi karena landasan sudah dibangun Jokowi di periode pertama ini.

Ma'ruf berharap agar pernyataan Prabowo itu jangan sampai membuat masyarakat takut. Seorang calon pemimpin harusnya membangun optimisme di masyarakat.

"Boleh saja (Prabowo,red) mencari dukungan. Tetapi harusnya dengan cara bermartabat," kata Kiai Ma'ruf.

Sebelumnya, Prabowo menyatakan jika Indonesia saat ini setingkat dengan sejumlah negara miskin di Benua Afrika. Hal itu disampaikannya di hadapan ribuan jemaah Majelis Tafsir Alquran (MTA) di Jalan Ronggowarsito, Kota Solo, Minggu (23/12).

"Kita (Indonesia) setingkat dengan negara miskin di Benua Afrika, ada Rwanda, Haiti dan pulau-pulau kecil Kiribati, yang kita tidak tahu letaknya di mana," ujar Prabowo.



Sumber: BeritaSatu.com