Tema Terorisme Bakal Jadi Debat Menarik Jokowi vs Prabowo

Tema Terorisme Bakal Jadi Debat Menarik Jokowi vs Prabowo
Ilustrasi Debat Capres ( Foto: Beritasatu Photo )
Yustinus Paat / JAS Senin, 14 Januari 2019 | 19:37 WIB

Jakarta - Pengamat terorisme UI Ridlwan Habib mengatakan tema debat Pilpres pertama tentang terorisme akan menjadi debat yang menarik antara dua kubu capres. Debat pertama akan diselenggarakan di Hotel Bidakara, Kamis, 17 Januari 2019 mendatang.

"Tema terorisme sangat penting karena menyangkut masa depan ideologi Indonesia yakni Pancasila," ujar pengamat terorisme UI Ridlwan Habib dalam diskusi Jelang Debat Pilpres di Cikini, Jakarta (14/01).

Selain Ridlwan pembicara lainnya adalah Nostalgiawan Wahyudi dari LIPI dan Sofyan Tsauri, mantan napi terorisme.

Menurut Ridlwan, publik menunggu pendapat para capres tentang penanganan ideologi proterorisme. "Apakah dengan pendekatan lunak atau pendekatan keras, apakah TNI akan masuk secara dominan atau tetap Polri sebagai penjuru utama," katanya.

Ridlwan menjelaskan, masih ada masyarakat yang menganggap terorisme itu rekayasa. Padahal hingga saat ini sudah ratusan orang divonis di pengadilan. "Ini akan menarik ketika masing masing Capres nanti menjelaskan soal itu, " tutur dia.

Pertanyaan lain soal terorisme menurut Ridlwan adalah soal penyebaran menggunakan media sosial. "Bagaimana pendapat masing masing Capres terhadap simbol simbol dan logo yang mencerminkan ideologi teror," ungkap dia.

Peneliti LIPI Nostalgiawan Wahyudi menambahkan, di era Jokowi relasi Indonesia dengan negara negara Timur Tengah sangat baik. "Indonesia dipercaya sebagai anggota DK tidak tetap PBB itu bukti Indonesia sangat ditunggu perannya di Timur Tengah,"tandas dia.

Nostalgiawan menjelaskan, gaya diplomasi Jokowi diharapkan menimbulkan kepercayaan dari kawasan Timur Tengah untuk menjalin kerjasama ekonomi dengan Indonesia. "Kita berharap pemerintahan Indonesia bisa menjadi lilin dan contoh bagi negara negara Timur Tengah yang sedang dilanda konflik internal," pungkas dia. 



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE