Hari Ini KPU Umumkan Caleg Eks Koruptor

Hari Ini KPU Umumkan Caleg Eks Koruptor
Arief Budiman. ( Foto: Antara )
Yustinus Paat / AB Selasa, 29 Januari 2019 | 13:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan nama calon anggota legislatif (caleg) eks koruptor, serta mantan terpidana kasus narkoba dan kejahatan seksual terhadap anak, Selasa (29/1). Pengumuman KPU akan dilakukan sore atau malam hari ini.

"Pokoknya kita siapkan datanya, rencananya hari ini, nanti sore atau malam. Jadi, kalau tidak ada halangan hari ini, nanti malam, karena beberapa kawan kan masih di luar kota, nanti baru datang jam 12 siang, nanti kita declare," ujar Ketua KPU Arief Budiman seusai acara di kantor RRI, Jakarta, Selasa (29/1).

Arief Budiman mengatakan pengumuman nama-nama caleg eks koruptor, serta mantan terpidana kasus narkoba dan kejahatan seksual terhadap anak, merupakan perintah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Selain itu, dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu juga diatur tentang kewajiban mantan terpidana yang hukumannya di atas lima tahun ke untuk mengumumkan kepada publik.

Menurut Arief Budiman, pengumuman tersebut dilakukan KPU agar publik mendapatkan informasi yang komprehensif terkait para caleg. Apalagi, informasi tersebut bukan termasuk informasi yang dikecualikan untuk diumumkan ke publik.

"Ini bagian dari keterbukaan informasi. Itu kan bukan hal yang dikecualikan untuk diinformasikan. Ada hal-hal yang enggak boleh diinformasikan, seperti privasi seseorang itu enggak boleh diinformasikan. Misalnya kondisi jantungnya begini, nah itu enggak boleh diinformasikan," kata Arief Budiman.

Pada kesempatan itu, Arief Budiman mengatakan tidak hanya caleg eks koruptor, serta mantan terpidana kasus narkoba dan kejahatan seksual terhadap anak yang diumumkan ke publik, tetapi semua caleg yang pernah menjadi terpidana, sehingga pemilih mendapatkan informasi yang utuh.



Sumber: BeritaSatu.com