Caleg Eks Koruptor Dipublikasi, Politisi Demokrat: Sah-sah Saja

Caleg Eks Koruptor Dipublikasi, Politisi Demokrat: Sah-sah Saja
Benny K Harman ( Foto: Antara )
Carlos KY Paath / FMB Rabu, 30 Januari 2019 | 19:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana mengumumkan mantan terpidana kasus korupsi yang menjadi calon anggota legislatif (caleg). Langkah KPU ini mendapat respons positif.

“Sah-sah saja kalau hanya mengumumkan. Apa masalahnya? KPU mau mengumumkan. Tidak ada masalah menurut saya,” tegas politisi Partai Demokrat, Benny K Harman saat dihubungi, Rabu (30/1).

Untuk diketahui, caleg eks korupsi bakal diumumkan kepada publik melalui situs resmi KPU dan media massa. Menurut Benny, pengumuman oleh KPU tersebut bagian dari edukasi kepada pemilih.

“Untuk memberikan edukasi ke masyarakat perlu juga. Sebagai bentuk edukasi, ini tentu positif. Tidak ada masalah. Jadi, silakan umumkan saja,” ujar Benny yang juga mantan wakil ketua Komisi III DPR.

Disinggung mengenai efektif tidaknya agar membendung para eks koruptor terpilih sebagai wakil rakyat, Benny tak ingin berasumsi. Menurut Benny, keputusan tetap berada di tangan rakyat.

“Efektif tidaknya tanya rakyat. Karena rakyat yang menentukan. Tapi kan rakyat harus diberi tahu supaya tidak salah memilih. Pemilih patut diberikan informasi,” ungkap Benny.

Benny berharap KPU tak hanya mengumumkan caleg mantan terpidana korupsi. “Tapi kalau bisa jangan hanya napi korupsi. Umumkan juga kasus yang lain,” pungkas Benny.



Sumber: Suara Pembaruan