KPU Pastikan Jumlah Caleg Eks Koruptor Bakal Bertambah

KPU Pastikan Jumlah Caleg Eks Koruptor Bakal Bertambah
Komisioner KPU Ilham Saputra (kiri) dan Ketua KPU, Arief Budiman. ( Foto: B1/Farouk Arnaz )
Yustinus Paat / FER Jumat, 1 Februari 2019 | 16:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan, jumlah calon anggota legislatif (caleg) eks koruptor bakal bertambah. Pasalnya, sejumlah KPU daerah menemukan data caleg eks koruptor dari wilayahnya belum masuk dalam nama-nama yang telah diumumkan.

"Setelah kami umumkan yang 49 itu (caleg eks koruptor dan calon anggota DPD eks koruptor), kami juga menerima catatan dan masukan di daerah. Pak, ternyata di tempat kami ada yang belum masuk," ujar Arief Budiman saat ditemui Beritasatu.com di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (1/2).

Arief mengatakan, KPU tengah mengumpulkan kembali data-data caleg eks koruptor yang belum diumumkan. Selain itu, KPU akan melakukan verifikasi dan validasi data-data tersebut. Dalam sepekan, caleg eks koruptor tersebut akan diumumkan kepada publik. "Supaya tidak berkali-kali diumumkan. Ya mungkin pekan depan," ungkap Arief.

Ditemui secara terpisah, Komisioner KPU, Ilham Saputra, membenarkan potensi penambahan jumlah caleg eks koruptor itu. Menurut Ilham, tambahan caleg eks koruptor itu kemungkinan berasal dari tingkat DPRD provinsi dan kabupaten/kota.

"Iya berpotensi bertambah. Nanti kami akan cek lagi, sebab saat kami merilis data 49 caleg kemarin masih ada dari provinsi, kabupaten/kota yang menyatakan masih ada. Maka kami tunggu (data tambahannya)," ujar Ilham.

Ilham mengaku belum mengetahui jumlah pasti penambahan caleg eks koruptor tersebut. Dalam waktu dekat, KPU akan mengumumkan tambahan data tersebut, sehingga ada perlakuan yang setara dengan nama-nama yang telah diumumkan sebelumnya.

"Kami tunggu kemudian data ini fixed dulu, sudah selesai tanpa terlewatkan supaya tidak ada nanti perlakuan yang berbeda. Jangan sampai nanti yang 49 kok diumumin sisanya enggak," pungkas Ilham.



Sumber: BeritaSatu.com