KPU: Caleg Eks Koruptor Tidak Akan Ditempel di TPS

KPU: Caleg Eks Koruptor Tidak Akan Ditempel di TPS
Ilustrasi Pemilu Legislatif 2019. ( Foto: BeritaSatu Photo )
Yustinus Paat / WBP Selasa, 12 Februari 2019 | 22:45 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak akan menempel nama calon anggota legislatif (caleg) eks koruptor di Tempat Pemungutan Suara (TPS). KPU hanya mengumumkan nama para caleg eks koruptor tersebut.

“Nggak di tempel di TPS. Kita umumkan aja,” ujar Komisioner KPU Ilham Saputra di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/2).

Ilham menegaskan bahwa pengumuman caleg eks koruptor hanya menyampaikan informasi kepada publik. Hal tersebut sesuai amanat UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu supaya KPU menginformasikan tentang pemilu termasuk mengumumkan caleg eks koruptor.

“Terserah pemilih yang menilai, mau pilih atau tidak. Sekali lagi ini bukan blacklist tapi informasi yang kita sampaikan kepada masyarakat,” ungkap Ilham.

KPU, kata Ilham masih terus memastikan nama-nama caleg eks koruptor yang belum sempat diumumkan oleh KPU. Pasalnya, KPU harus berhati-hati dalam mengumumkan nama-nama caleg bersangkutan sehingga tidak menyampaikan informasi yang salah yang bisa berakibat hukum.

“Yang komplain itu adalah masih kurang nih, di provinsi, masih ada (caleg eks korupsi). Nah sekarang kita pastikan lagi orang-orang yang kita umumkan, ini betul adalah orang mantan napi korupsi. Jangan kemudian nanti kita kena gugatan. Ini bahaya orang nggak korupsi kemudian nama baik dia tercemar, jadi kami harus hati-hati,” pungkas Ilham.



CLOSE