PSI: Sikapi Hati-hati Dukungan Muchdi Pr untuk Jokowi-Amin

PSI: Sikapi Hati-hati Dukungan Muchdi Pr untuk Jokowi-Amin
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kanan) berfoto dengan peserta ketika menghadiri silaturahmi dengan purnawirawan TNI - Polri di JI Expo,Kemayoran Jakarta, Minggu 10 Februari 2019. ( Foto: Antara / Wahyo Putro A )
Yustinus Paat / YS Selasa, 12 Februari 2019 | 23:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Surya Tjandra mengapresiasi dukungan Petinggi Partai Berkarya Muchdi Pr kepada Pasangan Capres Cawapres Nomor Urut 01, Jokowi-Ma’ruf. Namun, Surya tetap mengingatkan agar dukungan tersebut perlu disikapi secara hati-hati.

"Dukungan Muchdi Pr ini pantas dipertanyakan, apakah dia ingin berperan sebagai kuda troya yang merusak dari dalam, atau memang hanya ingin mencari sensasi belaka? Harus disikapi secara hati-hati,” ujar Surya Tjandra kepada Beritasatu.com, Selasa (12/2).

Di satu pihak, kata Surya, dukungan tersebut sebagai bukti nyata dari kinerja Jokowi yang mendapat apresiasi yang baik, termasuk dari petinggi Partai Berkarya yang bukan termasuk partai pendukungnya. Namun, Surya menilai dukungan tersebut perlu disikapi dengan hati-hati,

"Karena tidak hanya datang dari seorang petinggi sebuah partai yang dipimpin Tommy Soeharto, pewaris sah rezim otoriter Orde Baru, yang adalah juga Pendukung Capres Cawapres Nomor Urut 02, tetapi khususnya juga karena personal Muchdi Pr sendiri yang memang bermasalah," jelas Surya.

Nama Muchdi Pr, kata Surya, disebut-sebut terlibat di dalam kasus penculikan yang juga melibatkan capres Prabowo Subianto. Dukungan ini bisa menyakiti para pejuang hak asasi manusia yang masih terus berjuang menuntaskan kasus penculikan aktivis.

“Kami menilai dukungan orang macam Muchdi tidak hanya menyakiti para pejuang hak asasi manusia yang masih terus berjuang menuntaskan kasus penculikan aktivis, tetapi juga tidak akan menambah elektabilitas Jokowi-Ma’ruf,” ungkap Surya.

Lebih lanjut, Surya menilai pernyataan dukungan terbuka Muchdi ini ditengarai hanya upayanya menumpang tenar dan bukan tidak mungkin adalah upayanya untuk mencuci dosanya sendiri.

“Kalau dukungannya memang tulus seharusnya yang bisa dilakukan Muchdi adalah membuka semua nama yang terlibat kasus penculikan aktivis yang boleh jadi memang diketahuinya,” pungkas Surya.

Karena itu, Surya berharap Jokowi menyikapi dukungan Muchdi Pr dengan bijaksana.

“Dan terus fokus pada menyampaikan capaian-capaian pembangunan yang sudah kian nyata belakangan ini, terutama rencana pembangunan manusia yang akan menjadi fokus pada periode kedua nanti,” tegas Surya.



Sumber: Suara Pembaruan