BPN: Sandiaga Belum Pastikan Hadir di Debat Capres

BPN: Sandiaga Belum Pastikan Hadir di Debat Capres
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. ( Foto: Antara )
/ YUD Minggu, 17 Februari 2019 | 16:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Direktorat Advokasi dan Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ferdinand Hutahaean, mengatakan Sandiaga Uno belum tentu menghadiri debat antara calon presiden putaran kedua, Minggu (17/2/2019) malam.

Menurut Ferdinand yang dijumpai di arena debat di Jakarta, Minggu, terdapat kemungkinan pada malam ini Sandiaga Uno lebih memilih menyosialisasikan program kepada masyarakat di berbagai daerah untuk mendongkrak elektabilitas.

"Bang Sandi rencananya antara iya dan tidak. Akan tetapi, kursi beliau tetap disediakan karena beliau memang lagi keliling juga. Bisa saja nanti beliau nonton debat di tempat lainnya," kata Ferdinand.

Ferdinand yang juga politikus Partai Demokrat mengatakan bahwa Sandiaga memiliki pertimbangan. Jika hadir pun, calon wakil presiden berlatar belakang pengusaha dan birokrat itu tidak dapat beradu argumen dengan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Karena, toh, beliau di sini hanya akan menonton. Lebih bagus bersama dengan masyarakat di bawah karena akan membawa dampak lebih bagus justru daripada di sini tidak bisa komentar," ujarnya.

Ferdinand mengatakan bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhyono (SBY) juga telah menitipkan pesan kepada Prabowo agar berdebat dengan cara yang santun.

Sebagai tokoh dalam satu koalisi politik, SBY berharap Prabowo untuk tidak melontarkan pernyataan yang dapat memicu potensi konflik antara pendukung calon presiden dan juga kelompok masyarakat.

"Pesannya agar tetap menjaga politik beradab santun karena itu penting sekali menghindari potensi konflik. Kita lihat di akar rumput makin bergolak, rombongan capres/cawapres kita selalu disambut dengan cara yang berbeda oleh pendukung yang berbeda," katanya.

Debat capres putaran kedua akan dilangsungkan di Hotel Sultan Jakarta, Minggu malam, dengan dipandu oleh dua moderator, yakni Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

Debat pada malam ini mengusung tema kebijakan energi, sumber daya alam, lingkungan hidup, pangan dan infrastruktur. Di putaran kedua ini, debat hanya akan diikuti dua capres.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan calon, Pasangan Calon Nomor Urut 01 Jokowi-Ma'ruf dan Pasangan Calon Nomor Urut 02 Prabowo-Sandiaga.



Sumber: ANTARA