PDIP: Rocky Gerung Hina KH Agus Salim dan Jadi Benalu Indonesia

PDIP: Rocky Gerung Hina KH Agus Salim dan Jadi Benalu Indonesia
Rocky Gerung. ( Foto: Antara )
Markus Junianto Sihaloho / YS Kamis, 7 Maret 2019 | 20:23 WIB

Blangpidie, Beritasatu.com - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengecam keras pernyataan Rocky Gerung yang telah menghina salah satu pendiri bangsa yang berasal dari Sumatera Barat, KH Agus Salim.

Menurut Hasto, pernyataan Rocky yang mengatakan KH Agus Salim punya jenggot seperti kambing sangatlah tidak pantas, merendahkan martabat bangsa sendiri, dan pernyataan tersebut keluar dari jiwa yang tidak sehat.

"Pernyataan Rocky Gerung tidak pantas diucapkan anak bangsa. Rocky sama sekali tidak memahami bagaimana perjuangan KH Agus Salim yang begitu dihormati dengan kemampuan diplomasinya yang luar biasa. Berkat jasa KH Agus Salim, kemerdekaan Indonesia mendapatkan pengakuan dunia internasional, khususnya negara-negara Timur Tengah," beber Hasto di sela Safari Kebangsaan X di Blangpidie, Aceh, Kamis (7/3/2019).

Hasto menilai pernyataan Rocky Gerung sangat tidak pantas diucapkan kepada tokoh pendiri bangsa, yang ikut merumuskan UUD 1945 tersebut.

Menurut dia, pernyataan Rock itu adalah bukti bahwa tim kampanye Prabowo-Sandi banyak diisi oleh orang-orang yang tidak memahami budi pekerti.

Padahal, kata Hasto, ketika lulus HBS, KH Agus Salim menjadi lulusan terbaik se-Hindia Belanda. Hal ini menjadi bukti, betapa hebatnya Putra-putri Sumatera Barat. Tidak heran Sumbar banyak melahirkan tokoh-tokoh nasional termasuk Bung Hatta, Syahrir, Prof Moh Yamin, dan Hj Rasuna Said.

"Dan masih banyak lagi putra-putri terbaik bangsa yang lahir di Bumi Minang tersebut. Rocky Gerung tidak hanya menghina warga Sumatera Barat, namun juga menghina seluruh bangsa," katanya.

"Atas hinaan yang ditujukan kepada KH Agus Salim tersebut, PDI Perjuangan mendesak Rocky Gerung untuk melepaskan kewarganegaraan Indonesia daripada tidak bisa menghormati pahlawan bangsanya," beber Hasto.

Ditegaskannya, PDI Perjuangan akan mengadukan secara langsung atas hinaan tersebut ke Kepolisian.

"Mereka yang menghina pahlawan nasional bangsanya, sama saja tidak punya patriotisme dan hanya menjadi benalu pemecah belah bangsa," tandas Hasto.

Sebelumnya, Forum Anak Nagari (FAN) Kabupaten Agam Sumatera Barat melaporkan Rocky Gerung ke polisi. Mereka menganggap Rocky telah menghina pahlawan nasional H Agus Salim.

FAN datang ke Polda Sumatera Barat pada Selasa (5/3/2019) malam. Salah satu pelapor ialah politikus Partai NasDem setempat, Donny Magek.

"Laporan ini terkait pelecehan terhadap Agus Salim yang mengatakan Haji Agus Salim punya jenggot kayak kambing. Acara di suatu tempat, saya tidak tahu di mana lokasinya. Tapi itu sudah viral di sosial media dan khusus di Sumatera Barat sudah berseliweran di grup WhatsApp," kata Dony Magek kepada wartawan.



Sumber: Suara Pembaruan