Gerindra Klaim Prabowo-Sandi Menang 67 Persen di Google Trends

Gerindra Klaim Prabowo-Sandi Menang 67 Persen di Google Trends
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. ( Foto: Antara )
Carlos KY Paath / JAS Selasa, 12 Maret 2019 | 20:53 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Pasangan calon presiden dan wakil presiden (paslon) 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandi) unggul 67 persen atas paslon 01 Joko Widodo-Maruf Amin (Jokowi-Maruf). Hal tersebut mengacu kepada Google Trends.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Gerindra Ferry Juliantono. “Google Trends menyebutkan pasangan Prabowo-Sandi menang 67 persen,” kata Ferry yang juga Juru Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

Hal tersebut diungkap Ferry dalam Diskusi Topic of the Week Selasa-an bertajuk “Tolak Money Politics” di Kantor Seknas Prabowo-Sandi, Jakarta, Selasa (12/3). Menurut Ferry, hasil Google Trends menunjukkan suara pemilih yang belum menentukan pilihan.

Google Trends melihat itu dari aktivitas pemilih di media sosial. “Google Trends yang lebih mampu menangkap pemilih yang ketika disurvei tidak mau mengaku pilihannya, tetapi ketika melakukan interaksi di sosial media, terdeteksi kecenderungannya,” ujar Ferry.

Ferry mengakui bahwa hasil dari Google Trends memang perlu diuji kembali. Namun, berkaca pada Pilpres Amerika Serikat, Ferry menyatakan, Google Trends kala itu menyebut Donald Trump menang atas Hillary Clinton.

“Kalau mau lebih presisi sebenarnya metode yang digunakan harus diperbaharui dengan metode scalling, supaya mampu mengelaborasi undecided voters (pemilih yang belum menentukan pilihan) yang jumlahnya 17- 20 persen (seperti hasil lembaga survei),” ucap Ferry.



Sumber: BeritaSatu.com