Media Asing Apresiasi Penampilan Ma'ruf Amin Saat Debat

Media Asing Apresiasi Penampilan Ma'ruf Amin Saat Debat
Berita tentang penampilan KH Ma'ruf Amin dalam Debat Cawapres, Minggu (17/3/2019) lalu di media Singapura, The Straits Times. ( Foto: The Straits Times )
Hendro D Situmorang / JAS Selasa, 19 Maret 2019 | 07:51 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Penampilan calon wakil presiden pasangan nomor urut 01, Kiai Ma'ruf Amin saat debat ketiga Pilpres 2019 mengundang apresiasi luas dari publik dalam dan luar negeri. Bahkan pujian diutarakan sejumlah media asing, salah satunya The Straits Times.

Dalam laporannya selepas debat cawapres, media terbesar di Singapura itu memuji Kiai Ma'ruf Amin yang penampilannya mampu melebihi ekspektasi publik. The Straits Times menilai, Kiai Ma'ruf membuktikan diri mampu tampil prima dan lugas menghadapi Sandiaga Uno.

"Prediksi awal cawapres Jokowi itu bakal berada di bawah bayang-bayang Sandiaga Uno, tetapi pada Minggu yang menjadi kali pertama debat cawapres, Dr Ma'ruf membuktikan mampu tampil dan bersaing dengan baik seorang diri," tulis The Straits Times dalam laporannya yang dikutip pada keterangannya Senin (18/3/2019).

The Straits Times lantas membandingkan performa Kiai Ma'ruf dalam debat pertama bersama Jokowi dengan debat ketiga kemarin. Menurut The Straits Times, pada debat pertama Kiai Ma'ruf lebih sedikit dalam berbicara dan memberi ruang yang lebih besar kepada sang capres untuk menjawab pertanyaan.

Hal itu sempat memunculkan pandangan underestimate kepada sang kiai yang juga merupakan pakar ekonomi syariah itu. Namun pandangan yang sempat meremehkan sang kiai patah usai debat ketiga ini.

The Straits Times menilai Kiai Ma'ruf yang mengawali debat dengan tenang mampu menyudutkan Sandiaga. Terutama saat perdebatan memasuki tema yang membahas masalah kesehatan anak dan pendidikan. 



Sumber: Suara Pembaruan