Panelis dan Moderator Debat Keempat Diharapkan Jaga Integritas

Panelis dan Moderator Debat Keempat Diharapkan Jaga Integritas
Ketua KPU bersama 9 panelis debat keempat setelah acara Penandatanganan Pakta Integritas Panelis dan Moderator Debat Keempat Calon Presiden Pemilu 2019 di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Rabu (27/3/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Yustinus Paat / FER Rabu, 27 Maret 2019 | 19:29 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengharapkan, 9 panelis dan 2 moderator debat Pilpres keempat menjaga integritas dalam menjalankan tugasnya menyusun soal dan memandu jalannya debat.

"Bagian dari proses yang dituntut masyarakat kepada kita bahwa para panelis dan moderator nanti bekerja profesional dan berintegritas, kami menyelenggarakan acara penandatanganan pakta integritas untuk panelis dan moderator debat," ujar Arief Budiman di acara Penandatanganan Pakta Integritas Panelis dan Moderator Debat Keempat Calon Presiden Pemilu 2019, di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Arief mengakui, KPU sebenarnya tidak meragukan profesionalitas dan integritas dari para panelis dan moderator. Pasalnya, mereka merupakan orang-orang yang mempunyai kompetensi dan integritas dalam menjalankan profesi dan keahliannya masing masing. Namun, untuk mencegah kecurigaan, maka KPU membuat pakta integritas yang harus ditandatangani oleh panelis dan moderator.

"Jadi, beberapa poin yang disebut dalam pakta integritas itu, kami harapkan dapat dipatuhi oleh para panelis dan moderator. Terutama yang selama ini sering dibicarakan banyak orang jangan-jangan selama ini panelis dan moderator ini membocorkan pertanyaan-pertanyaan," jelas Arief.

Lebih lanjut, Arief berharap para kandidat bisa menjawab pertanyaan panelis dengan jawaban yang mudah dipahami oleh para pemilih. Sehingga jawaban para kandidat tersebut bisa menjadi referensi bagi pemilu di Pemilu 2019.

"Mudah-mudahan rumusan pertanyaan yang disusun panelis bisa dijawab dengan detail oleh para kandidat. Bisa mudah dipahami oleh para pemilih. Sehingga apa yang kita harapkan dalam proses debat bisa tercapai yaitu tersampaikanya visi misi program para kandidat terkait empat tema ini dengan baik," tandas Arief.



Sumber: BeritaSatu.com