Jokowi Akan Bangun "Dilan"

Jokowi Akan Bangun
Pemerintahan Dilan Jokowi ( Foto: Istimewa )
Yustinus Paat / AO Sabtu, 30 Maret 2019 | 21:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya pelayanan berbasiskan elektronik dalam pelayanan publik. Dengan pelayanan berbasiskan elektronik, yang disebut Jokowi dengan nama "Dilan" (Digital Melayani) maka bukan hanya pelayanan yang diutamakan, tetapi juga diperlukan kecepatan.

"Bahwa, ke depan diperlukan pemerintahan dilan atau digital melayani. Karena, yang namanya melayani tidak hanya melayani tetapi kecepatan perlu," ujar Jokowi pada saat debat pemilihan presiden (pilpres) keempat di di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019) malam.

Karena itu, menurut Jokowi, perlu reformasi pelayanan publik berbasis elektronik, seperti sudah diterapkannya e-budgeting, e-government, dan e-planning. Selain itu, perlu juga peningkatan sumber daya manusia (SDM) aparatur agar bisa melayani publik menggunakan sistem elektronik.

"Peningkatan ASN kita agar bisa layani dengan cepat berbasis elektronik. Kita lakukan reformasi tata kelola managemen, harus mudah, dan tidak bertele-tele," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, dengan sistem elektronik, maka pelayanan cepat dan terkoneksi dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah. Apalagi, kata dia, negara-negara cepat sekarang sudah menguasai negara yang lambat.

"Itu bisa dilakukan kalau kita siapkan pemerintahan kita betul-betul terkoneksi dari pusat, provinsi, kabupaten, kota, menyambung secara online. Kita harapkan dengan kecepatan itu, pemeintahan sangat efektif," kata dia.



Sumber: BeritaSatu.com