Surat Suara Pemilu di Bengkulu Di-fogging Antirayap

Surat Suara Pemilu di Bengkulu Di-fogging Antirayap
surat suara pilpres. ( Foto: Antara )
Usmin / WBP Senin, 1 April 2019 | 11:14 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Sebanyak 1,2 juta lembar surat suara Pemilu 2019 untuk kebutuhan di Kota Bengkulu, diakukan pengasapan (fogging) antiserangga dan rayap oleh KPU guna mengantisipasi kerusakan sebelum pencoblosan 17 April 2019 mendatang.

"Seluruh surat suara di-fogging agar tidak rusak dimakan rayap," kata Ketua KPU Kota Bengkulu, Zaini, di Bengkulu, Senin (1/4/2019).

Zaini mengatakan, fogging surat suara sebanyak 1.200 boks tersebut, disaksikan anggota Bawaslu dan anggota kepolisian setempat. 

Zaini mengatakan, dana penyemprotan antirayap surat suara ini bersumber dari KPU sebesar Rp 600-Rp 800 juta.

Zaini menambahkan, surat suara yang disimpan di gudang KPU Kota Bengkulu juga dialasi papan agar tidak basah karena uap lantai. "Jadi, surat suara benar-benar aman mengingat pemilu sudah semakin dekat," ujar Zaini.

Terkait pendistribusian logistik pemilu ke tempat pemungutan suara (TPS), Zaini menambahkan paling lambat dilaksanakan pada H-1 pencoblosan atau pada 16 April mendatang. "Logistik pemilu akan menginap semalam di rumah KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) atau di tempat yang dianggap aman dan pada hari pencoblosan baru dibawa ke TPS setempat," ujar Zaini.

Jumlah TPS di Kota Bengkulu tercatat sebanyak 1.007 unit yang tersebar di 10 kecamatan. Jumlah TPS ini bertambah sebanyak 500 lebih dari Pilwakot 2018 lalu. "Penambahan terjadi karena jumlah DPT dibatasi tidak lebih dari 300 pemilih agar proses penghitungan suara di TPS usai pencoblosan berlangsung cepat, aman, lancar dan sukses," kata Zaini.



Sumber: Suara Pembaruan