KPU Laporkan Hoax Server Di-setting untuk Kemenangan 01 ke Polisi

KPU Laporkan Hoax Server Di-setting untuk Kemenangan 01 ke Polisi
Ilustrasi KPU ( Foto: istimewa )
Yustinus Paat / WBP Kamis, 4 April 2019 | 13:54 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengatakan pihaknya akan melaporkan hoax yang menyebut bahwa server KPU sudah di-setting untuk kemenangan pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin ke Bareskrim Polri. Laporan tersebut akan dilakukan pada Kamis (4/4/2019).

"Kami akan laporkan (video) ke Bareskrim Polri hari ini. Kami laporkan sejumlah akun yang mengunggah informasi itu, baik akun Facebook, akun Twitter atau akun Instagram," ujar Hasyim Asy'ari di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (4/4/2019).

Hasyim Asy'ari menegaskan KPU perlu mengambil langkah hukum agar isu itu tidak berkembang ke mana-mana. Pasalnya, video tersebut sudah diunggah oleh berbagai platform media sosial (medsos). "Karena ini beritanya berbahaya, sudah diunggah oleh berbagai platform media sosial (medsos). Berita ini merugikan KPU karena kami dituduh seolah melakukan hal itu. Kani tidak pernah melakukan seperti itu," tandas Hasyim Asy'ari.

Lebih lanjut Hasyim Asy'ari mengungkapkan, server KPU tidak ada yang ditempatkan di luar negeri. Seluruh server KPU berada di Indonesia. "Karena informasi ini berpengaruh pada kepercayaan publik terhadap penyelenggara pemilu, maka kami laporkan supaya ada upaya hukum dari kepolisian," pungkas Hasyim Asy'ari.

Sebuah video viral di media sosial yang menyatakan ada mantan staf Joko Widodo (Jokowi) di Solo yang membongkar keberadaan server KPU di luar negeri. Informasi mengungkapkan bahwa server yang bermarkas di Singapura itu telah di-setting untuk kemenangan Jokowi-Ma'ruf dengan perolehan suara 57 persen.



Sumber: BeritaSatu.com