Simulasi Pencoblosan: Lansia Butuh 7 Menit di Dalam TPS

Simulasi Pencoblosan: Lansia Butuh 7 Menit di Dalam TPS
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, menggelar simulasi proses pemungutan suara dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS). ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Kamis, 4 April 2019 | 16:13 WIB

Blora, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, menggelar simulasi proses pemungutan suara dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS).

Dari simulasi tersebut diketahui warga lanjut usia (lansia) membutuhkan waktu lebih lama di dalam TPS, yakni 6-7 menit per orang. Sedangkan pemilih non-lansia butuh 3-4 menit.

Ketua KPUD Blora, M Khamdun mengatakan, simulasi pemungutan suara tersebut persis sama dengan proses pencoblosan 17 April mendatang.

"Semuanya sama persis nanti saat pemungutan dan penghitungan suara 17 April. Dari proses ini nanti kita evaluasi," kata Khamdun di Blora, Jateng, Kamis (4/4/2019).

Dari hasil evaluasi itu, kata Khamdun, KPU akan melihat di sisi mana bisa dilakukan modifikasi tetapi tidak melanggar ketentuan.

"Kita akan mencari cara yang efektif untuk proses mulai dari pemungutan sampai dengan penghitungan suara sehingga waktu lebih efisien," ujar Khamdun.

Simulasi yang digelar di alun-alun Kabupaten Blora itu melibatkan 239 pemilih dan seluruh anggota KPPS.



Sumber: BeritaSatu TV