Erick Thohir: Survei Roy Morgan Cermin Mandat Rakyat untuk Jokowi

Erick Thohir: Survei Roy Morgan Cermin Mandat Rakyat untuk Jokowi
Erick Thohir (kiri) dan Alex Noerdin. ( Foto: Istimewa )
Hendro D Situmorang / JAS Kamis, 4 April 2019 | 17:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com- Lembaga survei asal Australia, Roy Morgan merilis hasil survei terakhir menjelang Pilpres 2019. Survei yang dilakukan beberapa pekan sebelum pemilu digelar itu menunjukkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Amin) unggul atas pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir menilai hasil survei lembaga internasional itu menambah keyakinan dan motivasi seluruh elemen tim dan relawan pasangan nomor urut 01.

"Survei ini memberi gambaran bahwa masyarakat mengakui keberhasilan pembangunan pemerintahan Jokowi selama 4,5 tahun dan akan memberikan kepercayaan kembali kepada pemerintahan Jokowi selama lima tahun ke depan," ujar Erick pada keterangannya Kamis (4/4/2019).

Roy Morgan merilis elektabilitas Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin mencapai kisaran 56,5 persen. Unggul jauh dari paslon 02 yang hanya meraih 43,5 persen.

Dalam surveinya, Roy Morgan menyebut, Jokowi unggul di wilayah pedesaan. Itu membuat Jokowi menang di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera Utara.

Secara keseluruhan, di wilayah pedesaan elektabilitas Jokowi-Maruf mencapai 63 persen. Adapun Paslon 02 hanya 37 persen.

Suara terbesar untuk Jokowi, menurut Roy Morgan, berada di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Di Jawa Tengah, elektabilitas Jokowi mencapai 66 persen dibanding Paslon 02 (34 persen). Sementara di Jawa Timur dan Bali, Jokowi mampi meraih hingga 78 persen. Jokowi juga unggul di Sumatera Utara dengan perbandingan 58,5 dan 41,5 persen.

"Hasil survei apapun bentuknya memberi motivasi kepada kita semua di tim kampanye, relawan, hingga segenap pendukung untuk terus bekerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas hingga 17 April nanti," ujar Erick. 



Sumber: Suara Pembaruan