PAN, Hanura, dan PPP Diprediksi Tidak Lolos Ambang Batas Parlemen

PAN, Hanura, dan PPP Diprediksi Tidak Lolos Ambang Batas Parlemen
Lembaga Charta Politika menyebut hanya tujuh partai politik lolos ambang batas parlemen (parliamentary threshold) berdasarkan hasil survei.
Ahmad Salman / AIS Kamis, 4 April 2019 | 19:52 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Lembaga Charta Politika menyebut hanya tujuh partai politik lolos ambang batas parlemen (parliamentary threshold) berdasarkan hasil survei. Bahkan parpol lama seperti Partai Amanat Nasional (PAN), Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) diprediksi tidak lolos.

Hasil survei ini digelar sejak 19-25 Maret kepada 16 parpol nasional. PDIP dan Partai Gerindra berada di dua posisi teratas dengan persentase 26,3 persen dan 16,2 persen.

Hal ini terjadi lantaran dipengaruhi coattail effect atau efek ekor jas dengan sosok capres yang diusung dari masing-masing parpol yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Sementara untuk parpol lain dipilih dengan alasan beragam mulai karena sudah terbiasa hingga figur dalam parpol.

Setelah PDIP dan Gerindra, posisi berikutnya ditempati Partai Golkar dengan 11,3 persen, PKB sebesar 8,5 persen, Partai Demokrat mengantongi 5,2 persen.

Sementara Partai Nasdem serta PKS masing-masing 5,2 persen dan 5 persen. Sementara PAN, PPP, hingga Partai Berkarya tidak mencapai 4 persen.



Sumber: BeritaSatu TV