Masuk Margin of Error, Partai Nasdem Tetap Yakin Lolos

Masuk Margin of Error, Partai Nasdem Tetap Yakin Lolos
Anggota Dewan Pertimbangan DPP Partai Nasdem Sugeng Suparwoto optimistis lolos ke Senayan. Sugeng berkaca pada Pemilu 2014 lalu.
Ahmad Salman / AIS Kamis, 4 April 2019 | 21:51 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Hasil survei Charta Politika melansir Partai Nasdem masuk margin of error. Posisi ini belum aman bagi Partai Nasdem di mana versi Charta Politika sebesar 5,2 persen dan survei Indikator Politik 5,7 persen.

Anggota Dewan Pertimbangan DPP Partai Nasdem Sugeng Suparwoto mengatakan di Jakarta, Kamis (4/4/2019), pihaknya optimistis lolos ke Senayan. Sugeng berkaca pada Pemilu 2014 lalu.

Sebagai partai ID kala itu dalam sebuah survei nasional menjelang pemilu, Partai Nasdem mengantongi 2,2 persen saja. Namun hasilnya mengejutkan. Di Pemilu 2014, Partai Nasdem meraih 36 kursi dari 560 anggota DPR RI. Ini artinya Partai Nasdem mengantongi kurang lebih hampir 7 persen suara.

"Masing-masing partai dengan karakteristiknya, termasuk dalam hal ini faktor usia dan sebagainya disadari kalau partai-partai baru partai id nya relatif rendah dibandingkan partai-partai yang lebih dulu eksis," kata Sugeng.

Margin of error menggambarkan jumlah kesalahan yang biasa terjadi pada pengambilan sampel dalam survei. Semakin besar persentase margin of error, maka semakin jauh suatu sampel dapat mewakili populasinya. Begitu pun sebaliknya.

Lihat video: 



Sumber: BeritaSatu TV