Kampanye di Tegal, Jokowi Pamer Kartu Andalan

Kampanye di Tegal, Jokowi Pamer Kartu Andalan
Capres nomor urut 01,Joko Widodo, saat berkampanye di Tegal, Kamis, 4 April 2019, ( Foto: Beritasatu Photo )
Hendro D Situmorang / JAS Jumat, 5 April 2019 | 08:12 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) terus melakukan kampanye jelang pemilihan umum pada Rabu 17 April 2019. Jokowi pun menyapa para pendukungnya di Lapangan Sepak Bola, Dukuh Salam, Kabupaten Tegal.

Meski hujan cukup lebat saat Jokowi berkampanye namun capres petahana itu tetap semangat berorasi. Orasi yang disampaikan Jokowi di hadapan simpatisannya di Tegal yaitu soal kartu.

"Baiklah, saya mulai dengan Kartu Sembako Murah ini. Kartu Sembako Murah ini nanti bisa dipakai oleh ibu-ibu untuk berbelanja mendapatkan diskon yang banyak, baik untuk beli beras, beli gula, beli minyak dan yang lain-lainnya," kata Jokowi pada keterangannya Kamis (4/4/2019).

"Kartu Sembako Murah, karena di sini akan disubsidi dari pemerintah, siapa yang setuju Kartu Sembako Murah tunjuk jari! Kenapa kartu ini muncul? Supaya anak-anak kita semuanya baik yang ada di kandungan maupun balita semuanya memiliki gizi yang baik sehingga sehat dan pintar, setuju ya?" lanjut dia.

Kemudian Jokowi menjelaskan nanti juga ada yang namanya Kartu KIP Kuliah. Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah ini lanjutan dari KIP yang 4,5 tahun lalu sudah keluar.

Bedanya KIP saat itu diperuntukkan bagi SD, SMP, SMA-SMK. Nantinya, Jokowi menjelaskan dengan KIP Kuliah, lulusan SMP-SMK bisa meneruskan ke perguruan tinggi atau ke universitas dan akademi baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

"Setuju? Setuju? Tunjuk jari semuanya setuju? KIP Kuliah. Yang ketiga, akan muncul yang namanya Kartu Prakerja. Ini Kartu Prakerja, ini, ini, ini," ucap Jokowi sambil menunjukkan kartunya.

"Kartu Pra Kerja ini diperuntukkan untuk lulusan SMA-SMK, akademi, perguruan tinggi, atau yang masih kerja kemudian kena PHK," bebernya.

Jokowi menuturkan dengan Kartu Prakerja ini peserta akan diberikan pelatihan-pelatihan, oleh kementerian, BLK (Balai Latihan Kerja), dan BUMN juga oleh lembaga swasta. Pesertanya nanti akan mendapatkan keterampilan yang bagus agar bisa bekerja.

"Sehingga diterima di dunia kerja, di dunia industri, di BUMN. Setuju tidak Kartu Prakerja? Kalau yang belum mendapatkan kerja nanti di kartu ini akan diberi insentif honor, setuju?" imbuh Capres 01 Jokowi ini.

Menurut Jokowi, dengan kartu ini nantinya anak-anak muda bisa semuanya mendapatkan pekerjaan. Oleh sebab itu pemegang Kartu Prakerja ini selain nantinya bakal mendapat pelatihan di dalam negeri bahkan di luar negeri.

"Siapa yang setuju Kartu Prakerja tunjuk jari! Tunjuk jari yang setuju Kartu Prakerja! Yang tidak setuju silakan maju, saya beri sepeda, awas kalau ada yang maju," papar Jokowi.

Ketiga kartu ini, papar Jokowi, akan dimulai tahun depan. Menurut Jokowi ini adalah programnya sebagai capres.

"Tahu semuanya? Anggarannya akan kita siapkan tahun ini, tahun depan sudah bisa dipakai, siapa yang setuju tiga kartu ini?" tutur Jokowi disambut riuh para simpatisannya.



Sumber: Suara Pembaruan