Perludem: Pemerintah Harus Jamin Warga Gunakan Hak Pilih

Perludem: Pemerintah Harus Jamin Warga Gunakan Hak Pilih
Ilustrasi surat suara. ( Foto: Beritasatu Photo / Joanito De Saojoao )
Yustinus Paat / WM Jumat, 5 April 2019 | 15:05 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini mengingatkan peran pemerintah dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019. Pemerintah, kata Titi, harus fasilitasi masyarakat menggunakan hak pilih dengan aman, tertib dan lancar.

"Pertama, harus melakukan edukasi politik melalui sarana-sarana yang dimiliki pemerintah agar pemilih bisa menggunakan hak pilihnya secara independen dan tanpa tekanan," ujar Titi, di Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Kedua, pemerintah bisa mengajak kelompok masyarakat, tokoh-tokoh agama, ormas-ormas, organisasi pemuda, komunitas dan LSM untuk melakukan sosialisasi tentang Pemilu. Dalam konteks ini, kata Titi, pemerintah bisa memaksimalkan peran mereka untuk memastikan masyarakat menggunakan hak pilihnya.

"Ketiga, Pemerintah bisa menfaatkan kementerian dan lembaga untuk memastikan jajarannya menggunakan hak pilih dan menjadi media komunikasi untuk menyukseskan pemilu. Kita bisa bayangkan seperti Sea Games kemarin, semua kementerian dan lembaga aktif mensosialisasikan dan menyukseskan," imbuh dia.

Keempat, Titi berharap pemerintah tetap menjaga netralitas dan profesionalisme dalam Pemilu 2019. Setiap kegiatan pemerintah tidak boleh memihak salah satu calon paslon.

"Jadi, yang penting kegiatan pemerintah baik itu kementerian dan lembaga tidak diarahkan untuk mendukung paslon tertentu. Karena itu, juga bisa berpengaruh terhadap animo masyarakat menggunakan hak pilihnya. Termasuk melakukan imbauan yang kontroversial seperti larangan melakuka penerbangan selama hari pemungutan suara,"  katanya.



Sumber: BeritaSatu.com