Polisi Usut Hoax Soal Server KPU Di-setting Menangkan Jokowi

Polisi Usut Hoax Soal Server KPU Di-setting Menangkan Jokowi
Karopenmas Divhumas Brigjen Pol Dedi Prasetyo. ( Foto: BeritaSatu TV )
Aichi Halik / AHL Jumat, 5 April 2019 | 18:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Direktorat Siber Bareskrim Polri tengah mendalami laporan Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal hoax server KPU yang telah mengatur kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

"Saat ini tim Direktorat Siber Bareskrim sedang mendalami seluruh alat bukti data-data dokumen yang diserahkan komisioner KPU pada Bareskrim," kata Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (5/4/2019).

KPU telah melaporkan 3 akun medsos penyebar hoax terkait server KPU yang telah diatur untuk memenangkan paslon nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

Dedi menjelaskan nantinya laporan dan barang bukti tersebut akan dianalisa guna mencari konstruksi hukum dari kasus itu.

Bukti-bukti tersebut akan dianalisa di Laboratorium Digital milik Polri guna memastikan keaslian foto, video, maupun narasi yang disebarkan akun tersebut.

"Laboratorium digital (Polri) nanti akan mengaudit tiga akun tersebut mengenai keaslian, foto, video, termasuk narasi-narasi yang dibangun dan diviralkan oleh akun tersebut," ujar Dedi.

Dalam kasus ini, kata Dedi, pelaku akan dijerat dengan pasal 27 dan pasal 45 UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Namun, hal itu juga akan bergantung pada hasil konstruksi hukum yang ditemukan penyidik.



Sumber: BeritaSatu TV