Wanda Hamidah: Wacana People Power Inkonstitusional

Wanda Hamidah: Wacana People Power Inkonstitusional
Wanda Hamidah. ( Foto: Suara Pembaruan/Dina Fitri Anisa )
Carlos KY Paath / FER Jumat, 5 April 2019 | 19:40 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, soal rencana menggunakan people power jika terjadi kecurangan dalam Pemilu menuai kritik.

Politisi Partai Nasdem, Wanda Hamidah, menilai, wacana people power sangat tidak relevan dengan Undang-undang Dasar (UUD) 1945.

"Wacana people power yang dilemparkan Pak Amien Rais jika terjadi kecurangan Pemilu merupakan tindakan inkonstitusional," kata Wanda yang juga calon anggota anggota legislatif (Caleg) DPR Partai NasDem Daerah Pemilihan Jakarta Timur sebagaimana keterangannya kepada Beritasatu.com, Jumat (5/4/2019).

Menurut Wanda, apabila memang terjadi kecurangan, salurannya sesuai konstitusi maupun Undang-undang (UU) Nomor 7/2017 tentang Pemilu yaitu diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kalau terjadi kecurangan salurannnya jelas ada MK. Kecurangan Pemilu secara sistematis sejatinya hampir mustahil bisa dilakukan," ucap Wanda.

Wanda pun menambahkan, pengawasan dan mekanisme dalam Pemilu sudah cukup ketat. "Mending Kita kawal Pemilu, jika ada potensi kecurangan kita laporkan. People power tidak relevan di negara demokratis seperti Indonesia," pungkas Wanda.

 



Sumber: Suara Pembaruan