KPU Konfirmasi 10 Kandidat Panelis Debat Terakhir

KPU Konfirmasi 10 Kandidat Panelis Debat Terakhir
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) disaksikan Ketua KPU Arief Budiman (tengah) bersiap mengikuti debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu 17 Februari 2019. ( Foto: SP/Joanito De Saojoao / SP/Joanito De Saojoao )
Yustinus Paat / JAS Jumat, 5 April 2019 | 22:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan 10 nama kandidat panelis untuk debat terakhir Pemilu 2019. Kesepuluh nama tersebut sudah dikonfirmasi oleh KPU, namun belum ditetapkan sebagai panelis pada debat Pilpres kelima.

"Yang perlu diketahui adalah sampai saat ini kami belum menentukan panelisnya itu siapa saja. Saat ini kami baru tahap mengonfirmasi mereka. Nah dari konfirmasi itu sudah ada hasilnya," ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2019).

Wahyu mengatakan pihaknya berencana menetapkan 11 panelis untuk debat kelima. KPU, kata Wahyu, masih menunggu kesediaan satu orang lagi untuk menjadi kandidat panelis. Sementara 10 orang kandidat panelis itu telah menyatakan bersedia.

"Kami masih menanti satu orang lagi yang kami minta kesediaannya. Naman satu orang itu belum bisa kami sampaikan. Jadi memang rencananya panelis itu jumlahnya 11 orang," ungkap Wahyu.

Jika semua sudah bersedia, para panelis akan menyusun soal untuk debat kelima nanti. Soal akan disusun berdasarkan empat tema besar debat.

Debat terakhir ini kembali digelar di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, 13 April mendatang. Debat kelima akan kembali mempertemukan Jokowi-KH Ma'ruf Amin dengan Prabowo-Sandi.

Debat ini akan mengangkat tema debat terkait ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, dan investasi. Debat akan disiarkan oleh Net TV, ANTV, TV One, dan Berita Satu TV dan dipandu oleh Balques Manisang dan Tomy Ristanto.

Berikut ini 10 nama kandidat panelis yang sudah menyatakan bersedia :

1. Rektor Unair Prof Muhammad Nasih
2. Guru Besar FEB Universitas Tanjungpura Prof Eddy Suratman
3. Dosen FEB UIN Syarif Hidayatullah Dr Muhammad Arief Mufraini,
4. Dekan FEB Universitas Diponegoro Dr Suhartono
5. Dekan FEB Universitas Sam Ratulangi Dr Herman Karamoy
6. Dekan FEB Universitas Udayana, Dr I Nyoman Mahaendra Yasa, SE, MSi
7. Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Dr Harif Amali Riva'i
8. Guru Besar ITB Prof Dr Ir Dermawan Wibisono
9. Dosen Community Development Unika Soegijapranata Semarang, Tukiman Taruno Sayoga PhD
10. Direktur Eksekutif Indonesia Global Justice (IGJ) Rahmi Hertanti



Sumber: BeritaSatu.com