Kampanye di Asahan, Jokowi Apresiasi Antusiasme Masyarakat

Kampanye di Asahan, Jokowi Apresiasi Antusiasme Masyarakat
Calon presiden petahana Joko Widod berkampanye di Indramayu, Jawa Barat, 5 April 2019. ( Foto: Istimewa )
Carlos KY Paath / Arnold H Sianturi / CAH Sabtu, 6 April 2019 | 11:33 WIB

Asahan, Beritasatu.com- Calon presiden (capres) 01 Joko Widodo (Jokowi) berkampanye di Gedung Serba Guna Asahan, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (6/4/2019). Jokowi mengaku sangat berbahagia dapat mengunjungi Asahan.  Massa pendukung Jokowi semakin ramai meski waktu sudah menunjukkan pukul 22.00 WIB.

"Saya amat berbahagia sekali bisa hadir, berkunjung ke Kabupaten Asahan. Saya tahu ini bukan dari Asahan saja. Ada dari Simalungun, Labuhan raya, Batubara dan juga dari Tanjung Balai. Dari Sumut dan dari Indonesia," kata Jokowi dalam orasinya.

Jokowi mengungkap, dirinya sempat dicegat ratusan ribu masyarakat saat hendak menuju lokasi. "Tadi dari helikopter, jarak ke sini mungkin hanya 4 kilometer, harusnya ditempuh 15 menit. Tapi ini 1,5 jam baru sampai karena di jalan dicegat masyarakat," ungkap Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta tersebut pun menyebut, "Bukan saya terlambat, tetapi di jalan tadi dicegat mungkin ratusan ribu masyarakat. Saya nyalami dulu. Baru jalan dibuka saya naik mobil lagi. Dicegat lagi, keluar mobil lagi, nyalami lagi."

Pada kesempatan itu, Jokowi mengingatkan bahwa di Asahan pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014, dirinya meraih 53 persen suara. Kala itu, dirinya berpasangan dengan Jusuf Kalla.

"Tetapi kalau melihat antusias pada pagi hari ini, dari helikopter, di jalan sampai gedung ini, saya perkirakan di atas 70 persen suara. Masak dulu 53 persen, sekarang enggak bisa 70 persen. Enggak bisa kebangetan. Minimal 70 persen. Mau 90 persen boleh, 80 persen boleh, 85 persen boleh, tetapi minimal 70 persen," tegas Jokowi.

Pemilu 2019 ini, Jokowi sudah punya keluarga di Medan yaitu menantunya Bobby Afif Nasution yang menikahi sang putri, Kahiyang Ayu, dan sudah memiliki anak perempuan bernama Sedah Mirah Nasution.

"Hati-hati, pada 2014 kita dapat 55 persen padahal saat itu saya belum memiliki keluarga di Sumatera Utara. Sekarang saya telah memiliki keluarga di Sumatera Utara. Saya sekarang sudah punya anak yang namanya Bobby Nasution di Sumatera kalau nanti 2019 tidak nambah, awas!" tambah Jokowi.

Dalam rangkaian resepsi adat Batak, Kahiyang Ayu diangkat anak oleh keluarga Siregar sehingga keluarga Jokowi pun menjadi bagian dari keluarga Siregar tersebut.



Sumber: Suara Pembaruan