Ketua Komisi II Ingatkan Pentingnya Tugas Anggota TPD

Ketua Komisi II Ingatkan Pentingnya Tugas Anggota TPD
Ketua Komisi II DPR, Zainudin Amali, di acara pelantikan Anggota Tim Pemeriksa Daerah (TPD) DKPP di Hotel Sari Pacific, Jakarta, Sabtu (6/4/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Vento Saudale )
Yustinus Paat / FER Sabtu, 6 April 2019 | 15:14 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi II DPR, Zainudin Amali, meminta 204 angota Tim Pemeriksa Daerah (TPD) periode 2019-2020 yang baru saja dilantik oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), untuk memahami betul Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu). Sebab, aturan ini merupakan landasan dari tugas yang akan dilaksanakan oleh para anggota TPD.

"Bapak dan Ibu adalah corong DKPP dalam memeriksa dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu di daerah. Keputusan ada di DKPP, namun rekomendasi yang diberikan Bapak dan Ibu sangat menentukan kualitas putusan yang akan diambil DKPP," kata Zainudin, di Hotel Sari Pacific, Jakarta, Sabtu (6/4/2019).

Zainudin menambahkan, anggota TPD harus menjaga kepercayaan yang diberikan DKPP. Menurutnya, anggota TPD ini memiliki peran penting dalam menciptakan Pemilu yang berintegritas.

Pemilu yang berintegritas, kata Zainudin, dapat tercipta dengan adanya sinergitas di antara sesama penyelenggara Pemilu. Sinergitas di antara penyelenggara Pemilu, lanjutnya, akan mendorong suasana yang sejuk dalam Pemilu 2019.

"Sinergitas seluruh penyelenggara dalam menciptakan pemilu berintegritas merupakan cerminan pengabdian kepada bangsa dan segara yang sesungguhnya," pungkas Zainudin.



Sumber: BeritaSatu.com